BIJAK ONLINE (SOLOK)-PJ Wako Solok Asrizal Asnan meminta kepada sekolah-sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah lanjutanya untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana perpustakaan yang sudah ada, karena perpustakaan merupakan hal yang sangat penting bagi suatu tempat pembelajaran bagi murid, sehingga akan sangat disayangkan jika sebuah sekolah sudah memiliki perpustakaan namun belum berfungsi optimal.


Perpustakaan di sekolah harus memiliki koleksi buku-buku dari berbagai bidang disesuaikan dengan umur pembacanya di sebuah sekolah, selain itu buku, ruangan serta tempat membacanya harus terawat dengan baik, agar murid nyaman belajar di perpustakaan sekolah.


Agar pengelolaan perpustakaan disekolah-sekolah di Kota Solok menjadi lebih baik, maka harus didukung oleh manusianya yang mau bekerja merawat perpustakaan di sekolah, mulai dari murid hingga gurunya, harus mencintai perpustakaan. Karena yang merupakan ujung tombak gerakan minat baca adalah dari guru dan muridnya.


Buatlah semacam komunitas membaca di perpustakaan sebagai wahana pendidikan pengelola perpustakaan sekolah. Sehingga sekolah dan perpustakaan tak boleh terpisahkan, serta harus ada dua-duanya. Karena perpustakaan tanpa sekolah masih bisa berjalan, sedangkan sekolah tanpa perpustakaan tak kan bertahan lama, oleh sebab itu perpustakaan adalah faktor yang sangat penting bagi kelengkapan sebuah sekolah.(Wan/Van)

google+

linkedin