BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Malam Takbiran Idul Adha 1436 H/2015, di Pemko Pariaman, yang dipusatkan di Halaman Balaikota Pariaman bersama ratusan pelajar, santri, majelis ta’lim dan masyarakat, berjalan sukses dan meriah, Rabu (23/9/2015) malam.

Acara yang  disiarkan langsung melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Pariaman di frekuensi 97.1 FM, menambah semaraknya suara takbiran di tengah-tengah warga Kota Pariaman.

Takbir akbar malam itu mengundang apresiasi warga yang ikut melakukan takbiran. Mereka menilai positif takbiran dilakukan tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk konvoi keliling kota demi mengurangi resiko kecelakaan lalu-lintas.

Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, MM, dalam sambutannya mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Adha 1436 H bagi semua warga Kota Pariaman khususnya, dan umat muslim dunia pada umumnya.

Dikatakan, momentum Idul Adha ini hendaknya bisa dijadikan peningkatan pembangunan di segala sektor bidang kehidupan terutama agama dan pemerintahan, serta melatih diri dari hal negatif kepada yang lebih positif. 

Lebih jauh dikatakan,sebagai umat Islam kita harus bisa mengambil hikmah hari Raya Idul Adha, bagaimana kita sesama bisa berbagi, selain berbagi daging sapi, bagi yang mampu dan berbagi kesabaran bagi orang yang belum punya kemampuan untuk qurban sapi. 

Menurutu Mukhlis Rahman, Idul Adha atau hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada umat manusia untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. 

Bagi umat muslim yang belum mampu melaksanakan perjalanan ibadah haji, maka dia diberi kesempatan untuk berqurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai bukti ketaqwaan dan kecintaan umat manusia kepada Allah SWT.

Ketua PHBI yang juga  Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman, Drs. H. Yetrizal Khatib, MM,  mengatakan bahwa kesiapan pelaksanaan Sholat I'd di hari Kamis, (24/9/2015), panitia telah bekerja semaksimal mungkin dan muda2han hari tidak hujan. 

Disampaikan juga yang bakal bertindak menjadi Khatib Idul Adha, Buya H. Masulabidin dari Kota Padang dgn Imam, Drs. Azhar, MM dari Kantor Kemenag Kota Pariaman. "Pelaksanaannya sesuai dengan hasil sidang Kementrian Agama RI," ungkapnya.

Takbiran ditutup dengan penyampaian tausiah ceramah agama yang disampaikan oleh Tuangku Baharudin. 

Terlihat hadir Ny. Reni Mukhlis, Sekdako Pariaman, Armen, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Pariaman, Muspida Pariaman, Pimpinan SKPD, disertai ratusan pelajar SD, SMP, SMA, MDA, dan mahasiswa perguruan tinggi se-Kota Pariaman. (amir)

google+

linkedin