Tampak Pj Bupati Solok, Devi Kurnia, ketika menjawab pertanyaan wartawan dengan didampingi Kadis Pariwisata, Drs Alfajri, MM, saat menggelar jumpa pers dengan para wartawan yang meliput di Kabupaten Solok tentang persiapan TdS Tahun 2015


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Penjabat Bupati Solok, Devi Kurnia, SH, MM, meminta semua unsur yang ada di Kabupaten Solok, baik Dinas Pariwisata, PNS dan masyarakat umum termasuk pemerintahan nagari, untuk ikut mensukseskan alek balap sepeda internasional, berupa Tour de Singkarak (TdS), yang akan melintasi Kabupaten Solok dan Finish di Dermaga Singkarak, pada Minggu tanggal 4 Oktober 2015 mendatang.

“Mari kita sukseskan Tour de Singkarak ke-7 ini secara bersama-sama dan menjaga keamanan serta tidak melepas ternak pada hari pelaksanaan TdS nanti,” tutur Devi Kurnia, dihadapan puluhan wartawan media cetak dan elektronik, saat menggelar Jumpa Pers, terkait pelaksanaan TdS, bertempat di Guest Hause, Arosuka, Rabu (30/9). 

Hadir pada dalamjumpa pers tersebut, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok, Drs. Alfajri, MM, Sekdakab Solok, M. Saleh, Para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, Asisten III, Unsur Muspida, Kabag Humas, Syahrial, Kasubag Pemberitaan Ade Syofiar Syam dan para undangan lainnya. 

Dijelaskan Devi Kurnia, Kabupaten Solok akan dilintasi dua etape, yakni Etape 2 yang akan start di Pariaman dan Finish di Dermaga Singkarak, dengan rute lintasan Kabupaten Solok, seperti batas kota Padang,. Lubuk Selasih, Arosuka, Guguk, Cupak, Koto Baru, Salayo, terus masuk ke kota Solok, Tanjung Bingkung, Sumani dan Finish di depan SMA Singkarak serta pemberian hadiah di Dermaga Singkarak, yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi finish. Sementara pada hari Selasa tanggal 6 Oktober 2015, Kabupaten Solok juga akan dilintasi peserta TdS stage 4, yang start dari Kota Swahlunto dan Finish di Kabupaten Solok Selatan. 

Sedangkan wilayah Kabupaten Solok yang dilintasi peserta TdS adalah, Sungai Lasi, Saok Laweh, terus masuk ke kota Solok, Muara Panas, Koto Anau, Bukit Sileh Salayo Tanang, Danau Kembar, Alahan Panjang, Air Dingin, Lolo dan terakhir nagari Surian dan selanjutnya masuk ke Kabupaten Solok Selatan. “Semua nagari yang di lintasi peserta TdS, kita himbau untuk ikut memeriahkan TdS serta menjaga anak-anak dan bintang ternak agar tidak masuk ke lintasan TdS, disaat peserta sedang melintas,” tutur Devi Kurnia.

TdS Stage 2, Kabupaten Solok, akan menurunkan sebanyak 400 personil anggota Keolisian dari Polres Arosuka, 210 dari Poresta Solok, 70 orang anggota Dinas Perhubungan, 70 orang dari Satpol PP, 20 orang dari BPBD, 20 orang dari Kesehatan, 10 orang PMI dan 6 orang POM. “Mereka juga sudah siap mengamankan TdS, termasuk mengatasi pasar tumpah di nagari Guguk, kecamatan Gunung Talang dan Sumani yang pasar pada hari tersebut,” tutur Devi Kurnia. 

Sebelumnya, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok, Alfajri, melaporkan bahwa secara umum pelaksanaan TdS di Kabupaten Solok, baik mengenai persiapan jalan, lokasi finish dan keamanan di Kabupaten Solok hampir tidak ada masalah (wandy)    


google+

linkedin