BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM, mengatakan peseta buda Tabuik Piaman,merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Salah satu tujuannya untuk mengajak orang lain datang ke Kota Pariaman, termasuk wisatawan asing. 

Hal itu diungkapkan Muhklis Ramhan, Rabu (16/9/2015), lalu, dalam rapat persiapan pesta buda Tabuik Piaman, di Aula Balai Kota Pariaman.

Dikatakan, acara pesta buda Tabuik Piaman Tahun 2015 ini, akan digelar, 14 s/d 25 Oktober 2015. "Seperti biasa ada beberapa prosesi ritual tabuik. Mulai dari maambiak tanah, manabang batang pisang, maradai, maatam, maarak jari-jari, maarak saroban, tabuik naik pangkat, dan di puncak acaranya hoyak tabuik hingga tabuik di buang ke laut," kata Mukhlis.

Menurut Mukhlis, rangkaian Pesta Budaya Tabuik Piaman 2015 juga menampilkan acara pendukung berupa pameran oleh Stand SKPD, BUMN, BUMD. Dan puncaknya akan dimeriahkan dengan pagelaran seni anak nagari yang tentunya tidak kalah akbar dengan tahun lalu.

Mukhlis Rahman, menegaskan, seiring konsisitennya Kota Pariaman mengadakan iven-iven skala besar dalam rangka meramaikan Kota Pariaman menuju kota wisata, kita  berharap jajaran SKPD bekerja lebih maksimal agar promosi yang dilakukan melalui iven tersebut berjalan sukses sebagaimana diharapkan.

"Dan kita  berharap kepada masyarakat yang berjualan makanan agar dapat menjaga kebersihan rumah makannya dan memampang daftar harga. Jangan 'mamakuak' wisatawan yang datang ke Kota Pariaman. Karena dengan menaikan harga itu dapat membuat kapok wisatawan datang ke Kota Pariaman," ujarnya 

Rapat itu dihari  Kapolres Pariaman AKBP. Riko Junaldi, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman John Edwar, perwakilan Kodim 0308 Pariaman, utusan Kejasaan Negeri Pariaman, para Kepala SKPD, Camat, serta Kepala Desa dan Lurah se–Kota Pariaman. (amir)

google+

linkedin