BIJAK ONLINE (PADANG)-Lurah Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang, Martias Ali menyebutkan, jumlah pemilih Pilkada Sumbar di wilayahnya tercatat sebanyak 5852 orang. Angka tersebut bila dibandingkan dengan jumlah pemilih saat Pilkada Kota Padang berkurang sekitar 500 orang setelah dilakukan pemutakhiran data pemilih.

Alasannya, saat Pilkada Kota Padang, pemilih dibolehkan memilih di wilayah tempat tinggalnya meskipun di KTP (Kartu Tanda Penduduk) alamatnya berbeda. Tapi kini aturan KPU (Komisi Pemilihan Umum) telah berubah dan pemilih wajib memilih sesuai alamat di KTP-nya.

“Kita bisa maklum. Karena di Lubuk Lintah ini cukup banyak mahasiswa dan pelajar yang tinggal di rumah kos-kosan. Artinya, kalau sekarang mau memilih terpaksa harus pulang ke kampung halamannya sesuai KTP yang dimilikinya,” ungkap Martias ketika berbincang-bincang dengan Bara Online Media (BOM) di ruang kerjanya, Senin (2/11).

Menurut Martias, meskipun terjadi penurunan jumlah pemilih dibandingkan Pilkada Kota Padang 2013/2014 lalu, namun jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk Pilkada Sumbar 2015 tetap sama, yakni sebanyak 20 TPS.

Selain itu, tingkat partisipasi pemilih di Kelurahan Lubuk Lintah juga cukup tinggi. Bahkan, mencapai angka 70-80 persen.

“Kami ikut bersyukur, partisipasi pemilih di sini cukup tinggi saat Pilkada Kota Padang lalu. Kita berharap, mudah-mudahan pada Pilkada Sumbar nanti bisa lebih meningkat lagi. Paling tidak, sama dengan Pilkada Kota Padang 2014 kemarin,” harap mantan Lurah Gunung Sarik tersebut.
Ditambahkannya, dalam waktu dekat panitia KPPS (Kelompok Panitia Penghitungan Suara) yang akan bertugas di masing-masing TPS akan segera dilantik oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kuranji.

“Insya Allah, seluruh KPPS di Kelurahan Lubuk Lintah akan dilantik secara resmi tanggal 8 November mendatang. Yang melantik langsung PPK Kuranji, saya sebagai lurah cuma menghadirinya saja,” tukasnya menambahkan. (noa)

google+

linkedin