Tampak Pejabat  Bupati Solok, Devi Kurnia, yang didampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata tampak menyaksikan kebolehan penampilan peserta acara silek camp Alang Bunia tahap 3, bertempat di nagari Talang Babungo, kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok. Acara tersebut merupakan agenda tahunan yang diikuti oleh peserta silek camp dari tanah air beberapa negara dari Eropah dan Asia.


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pejabat Bubati Solok, Devi Kurnia, sH, MM, mebuka acara silek camp Alang Bunia tahap 3, bertempat di nagari Talang Babungo, kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, tanggal 16 November 2015 kemaren. Acara tersebut merupakan agenda tahunan yang diikuti oleh peserta silek camp dari tanah air beberapa negara dari Eropah dan Asia.

Selain Pejabat Bupati Solok, Devi Kurnia SH,MM,hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok, Drs Alfajri, MM, Kepala BPM, Drs. H. Khairi Yusri, MM, Kasat Pol PP, Drs Raflis, MM, Kabag Humas Pemkab Solok, Drs. Syahrial, MM, Camat Hiliran Gumanti, Syafruddin,S.Sos dan Walinagari Zulfatriadi serta peserta silek Camp.

Ketua Panitia pelaksana,  Jufrizal Rajo Malano dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Solok, yakni Bupati Solok, yang telah sempat hadir sekaligus membuka acara Silek Camp yang ke 3 ini semoga silek Camp ini bisa dikenal lebih banyak masyarakat dan dunia internasional. Sementara jumlah Peserta atau sasaran yang hadir saat ini adalah sebanyak 60 orang  baik dari  luar Sumatera dan manca Negara. Pada saat pembukaan, negara yang baru hadir baru Jepang dan Malaysia.

Walinagari Talang Babungo, Zulfatriadi dalam sambutannya menyampiakan bahwa dengan segala keterbatasan dan kemauan kami sebagai masyarakat Kabupaten Solok ingin melestarikan adat dan budaya alam Minangkabau  dan ini adalah bela diri masyarakat Minangkabau. Semoga Iven Silek Camp ini bisa meningkat dari tahun ke tahun supaya banyak dikenal oleh masyarakat dan  Negara lainya. Ivent Silek Camp Alang Bunia ini adalah Agenda Tahunan Pemerintah Kabupaten Solok  yang diagendakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok.

Sementara Pejabat Bupati Solok, Devi Kurnia SH,MM, dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan silek Camp Alang Bunia ini merupakan salah satu ajang untuk menunjukan eksistensi silek Minangkabau dalam bidang seni beladiri tradisonal. “Tujuan digelarnya acara silek Camp ini adalah untuk menjaga dan melestarikan serta mengembangkan silek tradisionil Minangkabau sebagai warisan budaya bangsa,silaturahmi dalam persahabatan beladiri dan melahirkan atlet silat yang tanguh. 

Dengan diadakanya silek Camp di Nagari Talang Babungo ini yang rutin setiap tahunnya, hendaknya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan juga dikenal oleh Negara-Negara di dunia,” jelas Devi Kurnia. Dijelaskan Devi Kurnia, Silek Camp Alang Bunia ini menjadi Ikon event pariwisata dan budaya Kabupaten Solok dan Ivent silek Camp ini bisa meningkat dari tahun ketahun (wandy)


google+

linkedin