Teks Foto : Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Padang, Riswandi, menggunting pita tanda dimulainya Lomba Gerak Jalan dan Aksi Bersih Lingkungan yang diadakan SMPN 11 Padang, Sabtu (21/11).

BIJAK ONLINE (PADANG) – Pelajar ptra dan putri Sekolah Menengah Pertama Negeri Nomor 11 Kota Padang ( SMPN 11 )  menggelar lomba gerak jalan sehat dan aksi bersih lingkungan, Sabtu pagi, 21/ November 2015. 

Kegiatan yang dilakukan sekolah peraih Adiwiyata Nasional tahun 2014 ini, diikuti seluruh murid dan guru, sebagai upaya mendukung program Kota Padang yang bersih maksiat dan bersih lingkungan. Disamping itu, kegiatan ini juga sekaligus memperingati Hari Guru Nasional ke=22 dan HUT PGRI Ke 70.

Walikota Padang yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan, Riswandi mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengapresiasi kegiatan yang diadakan SMPN 11 kali ini. Kegiatan ini dinilai kreatif dan positif, karena menjadi bahagian dalam mendukung visi Kota Padang menjadi kota Pendidikan, Perdagangan dan pariwisata yang sejahtera, religius dan berbudaya.

“Kita memang berharap, generasi muda di Padang tidak hanya pintar di akademis, namun juga peduli terhadap lingkungan dimana saja mereka berada. Karena, dengan terciptanya lingkungan yang sehat, pasti akan memberikan kenyamanan. Sebaliknya jika ia tidak kita jaga dengan baik, bahkan juga bisa menimbulkan bencana,” imbuh Riswandi sewaktu memberikan sambutan di lapangan SMPN 11 Padang.  

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 11, Suindra ketika ditemui menyebutkan, dalam kegiatan ini, SMPN 11 bekerja sama dengan pihak Kecamatan Lubuk Kilangan serta Kelurahan Bandar Buat yang lurahnya berprestasi di tingkat nasional.

“Melalui kegiatan ini, di samping melaksanakan gerak jalan sehat, anak-anak juga melakukan aksi bersih lingkungan. Sehingga menjadikan mereka, tidak hanya peduli bagi lingkungan sekolah saja, tapi juga peduli terhadap lingkungan dimana saja mereka berada,” sebut Suindra.

Suindra menjelaskan, kegiatan tersebut diawali dengan pelepasan peserta di SMPN 11. Setelah dilepas, peserta akan berjalan melalui rute yang ditentukan hingga kembali lagi di sekolah. Adapun di dalam perjalanan, masing-masing murid diperkenankan membawa kantong  asoy, guna mengumpulkan sampah yang ada di sepanjang jalan untuk ditimbang di bank sampah sekolah. Sementara, bagi siswa yang paling banyak mengumpulkan sampah, akan diberikan doorprize menarik.

“Alhamdulillah anak-anak tampak sangat antusias dalam kegiatan ini. Apalagi, SMPN 11 juga dikenal dengan semboyan “ASOY” yang artinya Ambil Sampah Okelah Yaw. Harapan kita, semoga akan membentuk karakter siswa untuk senantiasa menjaga lingkungan,” ujar Kepsek yang mampu membawa SMPN 11 meraih Adiwiyata Nasional 2014 ini.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir, Camat lubuk kilangan, Sofwan, Kabid di Bapedalda Kota Padang, Titin Masfterin, Lurah Bandar, Buat Nurmis Yacub serta Pengurus PGRI Kota Padang Mursid.


google+

linkedin