BIJAK ONLINE, ( PADANG)--Kepala Satuan Kerja Wilayah II Jalan Nasional Sumatera Barat, Opuken Nigara  mengatakan, panjang jalan nasional di wilayah II  Sumbar  tercatat 495 KM dan 35 persen dalam kondisi baik.

"Seperti jalan Padang- Painan 259 KM dan Jalan Padang- Dharmasraya 236 KM, saat ini masuk kategori 35 persen dalam kondisi baik," kata Opuken Nigara kepada Tabloid Bijak.

Menurut Opuken, jalan  yang dalan kondisi rusak ringan 30 persen dan  rusak sedang 35 persen ,dan tidak ada dalam kondisi rusak berat. "Jumlah paket  pada Wilayah II ada delapan paket yang dibiayai APBN dan jalan Jalur Dua By Pass yang sedang dikerjakan," katanya.

Kemudian, kata Opuken Jalan lubuk Silasieh ke Solok Selatan, saat ini yang mengelola pihak Ppopinsi,walaupun dalam SK sudah masuk jalan nasional, direncanakan pada tahun 2016 akan mengelola pihak pusat.

Sedangkan kerusakan jalan nasional di wilayah II Sumbar banyaknya kendaraan barang yang muatan melebihi kapasitas jalan dan sementara muatan sumbu terberat ialah delapan ton.

Ratusan truk barang melintasi kasawan jalan dan Jembatan Nasional, di antaranya pengakut minyak mentah kelapa sawit, batu bara dan jenis barang lainnya.  "Perbaikan jalan nasional di Sumbar, tak akan bisa bertahan bagaimana pun besar anggaran kalau muatan kendaraan barang selalu melebihi tonase. 

Karena itu, mengharapkan kepada pihak terkait untuk menertibkan kendaraan bermuatan melebihi tonase,Sehingga kerusakan badan nasional bisa ditekan,"Harap Opuken sembari tersenyum ( Chan)

google+

linkedin