PENGUKUHAN----Kakanwil Kemenag Sumbar, Salman K Memed (kanan) sedang memberikan arahan saat pengukuhan Panitia MTQ ke-36 tingkat Sumbar di Kota Sawahlunto, beberapa waktu lalu.

BIJAK ONLINE (PADANG)-Kafilah Kota Padang mengaku optimis akan mampu mempertahankan gelar juara umum untuk yang ke-36 kalinya pada perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXXVI tingkat Provinsi Sumbar di Kota Sawahlunto, 8-14 November 2015 mendatang.

“Insya Allah, kita bertekad mempertahankan gelar juara umum MTQ tingkat Sumbar yang ke-36. Sekali juara, tetap juara,” ungkap Kabag Kesra Pemerintah Kota (Pemko) Padang, H Al-Amin, kepada Bara Online Media (BOM) beberapa hari lalu.

Menurut Al-Amin, saat ini sebanyak 60 orang qori dan qori’ah Kota Padang sedang menjalani training centre (TC) penuh dan dalam minggu ini sudah memasuki TC terakhir. Rencananya, kafilah Kota Padang yang berkekuatan 100 orang itu (60 qori dan qoriah serta 40 official, red) akan dilepas secara resmi oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah pada tanggal 7 November mendatang.

“Jam berapa kafilah akan dilepas, kita masih koordinasikan jadwalnya dengan bapak walikota. Bisa jadi malam hari sebelum berangkat atau pagi harinya,” tutur Al-Amin menjelaskan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Padang, Drs H Japeri Jarap MM yang dikonfirmasi secara terpisah. Diakuinya, saat ini kafilah MTQ Kota Padang terus ditempa latihan serius oleh para pelatih sesuai kategori lomba yang mereka ikuti.
Pada MTQ ke-36 Sumbar di Kota Sawahlunto nanti, Kafilah Kota Padang akan mengikuti semua cabang yang diperlombakan, termasuk nomor-nomor pertandingan yang tersedia dalam sembilan cabang yang akan diperlombakan tersebut.

Masing-masing, cabang tilawah (mulai dari golongan TK hingga dewasa, termasuk tuna netra), cabang Tartil Qur’an, Hifzil Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an (cerdas-cermat), Khatil Qur’an (khaligrafi), lomba Khutbah Jumat dan Adzan, membaca Kita Standar dan Tafsir Qur’an.
“Kami cuma menyiapkan masalah teknisnya saja. Sedangkan persoalan non teknis dipercayakan kepada Pemko Padang melalui Bagian Kesra,” elak Japeri.

Ditambahkannya, secara umum tidak ada masalah dengan persiapan Kafilah Kota Padang. Begitu juga soal target, Kota Padang tetap menargetkan meraih gelar juara umum pada MTQ ke-36 mendatang.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sumbar, Drs H Salman K Memed MM, yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/10), memastikan kegiatan MTQ tersebut nantinya akan dibuka secara resmi Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Saifuddin pada tanggal 8 November 2015.

“Sebelumnya, kita memang menjadwalkan acara pembukaan tanggal 9 November malam. Karena pak menteri tidak bisa hadir tanggal 9, makanya kita majukan satu hari. Insya Allah, tidak ada perubahan jadwal lagi,” kata Memed memastikan.

Saat berkoordinasi dengan Menag beberapa waktu lalu di Jakarta, lanjut Memed, pihaknya telah mendapatkan kepastian soal jadwal kehadiran Menag tersebut. Bahkan, Menag Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, hanya tiga kemungkinan yang bisa membuat dirinya batal hadir. Yakni, dipanggil mendadak oleh presiden, menghadiri sidang di DPR-RI dan ajal datang menjemput.
“Selain dari yang tiga faktor itu, beliau menyatakan siap untuk hadir,” tukas Memed menambahkan. (noa)

google+

linkedin