BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Pariaman, Sumatera Barat, menggelar aksi sosial membantu meringankan beban masyarakat korban abrasi pantai di Pasir Balai Nareh, Pariaman Utara, Minggu (15/11/2015).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Kota Pariaman, Riza Saputra, aksi tersebut merupakan bukti dan bentuk kepedulian (empati) pemuda bagi korban abrasi pantai yang kian hari semakin memprihatinkan.

"Aksi sosial ini juga tidak terlepas dalam rangka peringatan sumpah pemuda yang jatuh 28 Oktober silam dan hari pahlawan 10 November," kata Riza kepada wartawan.

Dalam aksi sosialnya, KNPI memberikan bantuan 200 lembar karung pasir penahan ombak. Karung tersebut itu langsung pula diisikan pasir oleh Riza cs dan menyusunnya di halaman belakang beberapa rumah warga yang kena dampak abrasi. 

Pada kesempatan itu hadir pula dua orang anggota DPRD Kota Pariaman dari daerah pemilihan Pariaman Utara, Jonasri dan Devaria. Mereka berdua turut menyingsingkan lengan bajunya.

Riza menyebut, generasi muda harus memiliki empati dan punya panggilan nurani, baik terhadap bencana maupun gejala sosial di tengah masyarakat. Mindset pemuda, kata dia haruslah memiliki wawasan kebangsaan, kemasyarakatan dilanjutkan aktualisasinya.

"Saat ini kita memang hanya terfokus pada satu hari saja, namun kita terus berupaya ke depannya untuk membantu masyarakat," tambah Riza yang juga anggota DPRD Kota Pariaman itu.
Lira (38) salah seorang korban abrasi pantai di Pasir Balai Nareh menyebutkan sangat berterimakasih atas kepedualian dan bantuan oleh KNPI yang langsung pula memasangkan karung pasir penyangga di halaman belakang rumah dia.

"Saya tidak menyangka itu dari organisasi kepemudaan KNPI. Mereka langsung mengisi karung dan menyusunnya," sebut Lira.

Menurutnya, dia dan keluarganya secara khusus telah mengucapkan terimakasih kepada Riza cs. Dia pun berharap pemuda di Pariaman bisa terus berbuat bagi masyarakat.

Sementara itu, Jonasri, anggota Komisi I DPRD Kota Pariaman mengatakan langkah yang dilakukan oleh KNPI patut dicontoh oleh seluruh pemuda di Kota Pariaman.

Ia menilai kegiatan tersebut akan sangat membantu masyarakat yang sedang tertimpa musibah, termasuk abrasi pantai.

"Saya rasa kegiatan ini sangat positif, pemuda merupakan generasi harapan bangsa," kata anggota dewan dari fraksi Nasdem itu.

Disaat yang sama, Devaria, yang juga terlibat langsung dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan sosial tersebut sangat didukung penuh oleh DPRD Kota Pariaman. "Aksi sosial yang dilakukan KNPI membuktikan pemuda sangat peduli dengan masyarakat yang terkena musibah," ucap Devaria.

Kata dia, untuk pemasangan batu pemecah ombak membutuhkan dana yang sangat besar sehingga tidak tertampung oleh APBD Kota Pariaman, apalagi dalam waktu dekat."Memang tidak dianggarkan namun dalam waktu dekat akan ada bantuan dari pusat untuk pemasangan batu grip, bukan dari APBD," kata Devaria. (r/amir)

google+

linkedin