SEACARA kebetulan, si Miing anak Betawi bertemu lagi dengan si Syafril anak Pauhlimo bakudolimo, pada acara pembukaan Festival Siti Nurbaya Padang dipinggir Sungai Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kamis 21 Mei 2015 sekitar pukul 14.30 WIB.

"Oi Miing, kama sae waang tigo hari ko, pulang kampuang yo," kata Syafril yang punya rencana mencari kedai untuk mencari nasi dan rokok.

"He he he, bukan pulang kampung, tapi gue diajak temen ke Pariaman, ortu temen gue itu sakit," kata Miing memberikan penjelasan. "Emangnye kenape Syafril."
"Patuik lah, indak adoh kicauan waang di media sosial lai, kecek waden waang lah mati," kata Syafril sambil tertawa.

"Eeee ngaco lu. Eh Syafril, gue dengar lu masuk timses Fauzi Bahar ye, bagus lah itu, kate temen-temen, Fauzi Bahar punya peluang," kata Miing sembari menawarkan rokok.

"Waang ko memang usil banget dengan persoalan pilkada, suko nuduah urang. Kalau aden masuk timses Fauzi Bahar, apo urusan waang, dasar anak Betawi lah gilo waang mah," kata Syafril sembari mengajak si Miing kewarung untuk makan siang.

"Gue heran juge ye, bila bertemu ama lu, pasti ingatan gue masalah pilkada. Habis lu senddiri yang sering ngajak gue ngomongin para kandidat," kata Miing sembari melangkah menuju warung nasi yang tak berapa jauh dari tempat acara pembukaan Festival Siti Nurbaya Padang.

Sesampainya di warung, kedua warga Kota Padang yang sudah berkenalan sekitar lima tahun itu langsung saja duduk dan memesan makanan.
"Miing, aden siang ko taragak jo randang dan waang taragak jo apo," kata Syafril memanggil pelayan rumah makan.

"Gue dengan rendang jugalah. Aneh juga ye, gue ndak pernah bosan-bosanya makan pakai sama rendang, sampai-sampai ortu  gue ngeledek, cari sajalah calon istri orang Padang, agar bisa tiap hari makan pakai sambal rendang," kata Miing sembari memesan juga just terong pirus.

"Kok adoh jodoh jo gadih Minang, rancaklah tu. Gadih Minang ko rancak-rancak dan kamek lo lai, dan sudah merid dapek lo tampek tingag perai di wiswa mintuo,"  kata Syafril sembari menjelaskan, kalau punyo anak, kampuangnyo duo, ciek Minang dan ciek lai Betawi.

"Syafril, tu gue lihat yang duduk di pojok kanan tu, pakai kaos dengan gambar Fans Club Fauzi Bahar, lu kok ndak dapet," kata Miing sembari mencuci tanganya dan bersiap mau makan.

"Ndak tu, bacarito calon gubernur jo waang baliak, makan lah dulu, beko baru kito bacarito para kandidat gubernur tu," kata Syafril yang juga mencuci tangan dan langsung saja makan jo samba randang.

SEUSAI makan siang, kedua warga Kota Padang itu kembali memulai ceritanya tentang calon gubernur yang telah mulai menebar pesona dengan berbagai macam acara dan kegiatan sosial. Bahkan, ada dari antara calon gubernur Sumbar tu yang rajin mengunjungi panti sosial, apakan itu panti anak yatim, maupun panti jumpo yang punya hak pilih. Selain itu, ada juga yang rajin masuk pasar dan perkampungan masyarakat. Yang hebatnya lagi, selalu menghadiri acara baralek, walaupun tak kenal dengan yang mengadakan pesta pernikahan.

"Hai Miing, kini aden agiah tahu waang yo. Calon gubernur ko ado yang mudo dan ado lo yang lah gaek. Kalau aden tantu labiah sanang mamilih yang masih mudo. Soalnya yang lah gaek tu, den caliek nafsu bakuaso sae, indak tahu lah baun tanah," kata Syafril sambil memegang gelas minuman just sirsak yang dipesannya tadi.

"Oh gitu ya. sebenarnya sih, memang lebih baik mendukung yang muda dari pada yang udeh tue. Kalau yang udeh tue tu, tentu dari segi fisik dan kegesitan, lebih unggul yang mude. Lagi pule, yang mude-mude banyak, kenape pilih yang udeh tue, malu dong," kata Miing sembari mempertanyakan bajo kaos bergambar fans club Fauzi Bahar.

"Bara buah waang nio, beko den suruah ketua timses pak Fauzi Bahar tu maantakan baju tu karumah waang. Tapi waang kecekan juo ka para tetangga waang yo. Dari pado mamilih calon yang lah gaek labiah rancak mamilih yang mudo, dan apo lo yang mudo ko pernah lo jadi tentara dan masuk tim elit TNI AL, pasukan marinir namo ee, ingek kecek den ko yo, sekali Fauzi Bahar, tetap Fauzi Bahar" kata Syafril sembari mengajak si Miing pulang samo, karena mobilnya diinjam kakaknya. (penulis wartawan tabloid bijak dan padangpos.com) 






google+

linkedin