BIJAK ONLINE (Padang)-Sebagai salah seorang mahasiswi yang diwisuda, Satu 30 Mei 2015 di Fakultas Tehnologi Infomasi Universitas Andalas Padang, Sendu Armi yang meraih prediket lulus sangat memuaskan dengan IP 3.29 menyarankan kepada almamaternya, agar memperjelas dan mempertegas jurusan sistem informasi dengan jurusan sistem komputer.

"Terus terang, saya sampai sekarang juga nggak tahu apa perbedaan jurusan sistem informasi dengan jurusan komputer, karena antara dekan dan dosen yang mengajar masih terjadi perbedaan persepsi tentang kedua jurusan tersebut," kata Sendu Armi kepada Tabloid Bijak, Minggu, 31 Mei 2015.

Menurut Sendu Armi, dulu awal kuliah sengaja memimilih jurusan sistem komputer yang masih bergabung di Fakultas MIPAUnand dan akhirnya jurusan koputer dan sistem informasi membuka fakultas sendiri dengan nama Fakultas Tehnologi Informasi (FTI). "Tapi sayangnya setelah jadi fakultas sendiri, dekan FTI lebih cendrung berpihak kepada jurusan informasi, karena sang dekan punya disiplin ilmu sistem informasi dan selalu memaksakan pendapat dan kehendaknya. Padahal, ada dosen yang S2 di Jepang yang telah berkali-kali mengingat sang dekan, yang dinilainya salah memberikan mata kuliah kepada mahasiswa," kata anak putra Pauhlimo ini.

 Begitu juga dosen dari Politeknik yang diperbantukan mengajar di FTI. "Tapi sang dekan tetap dengan pendapatnya tentang mata kuliah untuk mahasiswa sistem informasi yang seharusnya mata kuiah itu untuk mahasiswa sistem komputer. Akibatnya saat pratikum terjadi kesalahan dalam melakukan percobaan dan pengembangan dan penelitian ilmu antara sistem informasi dengan sistem komputer," kata Sendu Armi lagi.

Padahal, kata Sendu Armi, ada beberapa universitas di Indonesia yang bisa diambil sebagai contoh dan acuan, seperti ITB dan UI yang punya fakultas tehnologi informasi dan sistem komputer. "Saya menyarankan ini, agar adik-adik di bawah letting saya tidak bingung lagi membedakan sistem informasi dan sistem komputer," kata cewek berpenampilan tomboy ini sembari menyarankan, bila perlu adakan studi banding atau lokarkarya dengan semua universitas yang punya jurusan sistem informasi dan sistem komputer. (ola)

google+

linkedin