TANPA  diduga, si Syafri anak Nagari Pauhlimo Bakudolimo bertemu lagi dengan si Miing anak Betawi di Objek Wisata Jembatan Aka di Nagari Puluik-puluik Kecamatan Bayang Kabupaten Selatan. Pertemuan kedua warga Kota Padang itu, karena keduanya sama-sama ingin melihat keindahan objek wisata Jembatan Aka yang sudah terkenal ke penjuru dunia.

"Hai Syafri, ngapain lu kesini," kata Miing yang lagi asyik memilih batu akik yang dijual masyarakat dipangkal Jembatan Aka di Nagari Puluik-puluik tersebut.

"Ha ha ha basuo balik kito yo. Waang manga lo ka  Jembatan Aka ko Miing," sapa Syafri yang baru saja sampai di pangkal Jembatan Aka.

"Biasalah, rekreasi menghabiskan waktu libur, dan gue pingin tahu juga dong, bagaimana bentuk Jembatan Aka yang udeh lame gue tahu dari berbagai media, tapi baru sekarang gue sampai disini," jawab Miing sembari mengajak si Syafri ikut memilih bahan baku batu akik.

"Waang sae lah yang milih batu akik tu, aden ndak gilo co waang jo batu akik doh," kata Syafri sembari mengajak Miing naik Jembatan Aka.

"Lu aje lah, gue tadi udah dari seberang. Sebenarnya gue mau mandi, tapi sayangnye gue tak punye pakaian dalam pengganti," kata Miing sembari menawar bahan batu akik seperti batu giok Aceh atau Giok Bau-bau kepada warga yang menjajakan bahan batu akik.

SEKEMBALI dari seberang, si Safri  langsung saja bertanya sama si  Miing yang sudah duduk disalah satu warung yang tak berapa jauh dari Jembatan Aka.

"Hai Miing, tadi waang caliak ndak, semua mobil plat merah seri G yang dikaca belakangnya ada gambar pak Nasrul Abit dengan bahasa sejuta pesona dengan latar belakang Kawasan Mandeh," kata Syafri sembari duduk di dekat si Miing sembari memesan kopi loak.

"Tul, emangnya kenape tu Syafri," kata Miing ketus.

"Indak adoh apo-apo doh, aden cuma ingin tahu sae yoh,  baaa kok hanyo gambar pak Nasrul Abit dan kok indak adoh gambar wakil bupatinyo, atau kadis pariwisatanyo," kata Syafri sembari menghidupkan rokoknya yang sudah berada dibibirnya.

"Biasalah, pencitraan pak Nasrul Abit yang katenye mau maju sebagai wakil gubenur Sumbar," kata Miing sembari mengambil pisang goreng yang baru saja masak dan dihidangkan pemilik warung.

"Oh baitu, yolah," kata Syafri ketus.

"Syafri, gue dengar pak Nasrul Abit itu anak Air Haji dan salah satu putra terbaik Kabupaten Pesisir Selatan yang katanya sudah dapat dukungan dari warga IKPS di berbagai daerah se-Sumbar," kata Miing sembari bertanya.

"Apo kecek waang, pak Nasrul Abit anak Air Haji, putra terbaik Pesisir Selatan, apo ndak salah waang tu, lai indak sasek aia lo waang ko," kata Syafril dengan nada agak tinggi.

"Kata orang yang gue dengar ya begitu. Katenye, pak Nasrul Abit tu urang Pesisir Selatan," kata Miing sedikit kaget dengan jawaban si Syafri.

"Hai Miing, apo waang punya data tentang garis keturunan pak Nasrul Abit tu. Apo sukunyo, dima sosok jerami dan pandan pakuburannyo. Siapo pengulu sukunyo," kata Syafri meminta Miing kalau bicara itu harus punya data ilmiah dan tidak asbun.

"Kalau itu yang lu tanye ame gue, mane gue tahu tuh," kata Miing sembari mengajak Syafri untuk urak selo atau berpergian

"eeeeeee saba dulu, diskusi kito alun salasai lai, duduak lah waang baliak, beko den paka lo pangka talingo waang," kata Syafril dengan bercanda.

"Lo kok serius banget lu ngomongin asal muasal Nasrul Abit," kata Miing yang kembali duduk ditempat semula.

"Nyo bantuak ko mah kawan. Salamo ko pak Nasrul Abit memang dikatokan orang pasisie, tapi ambo indak yakin doh. Soalnyo, kalau pak Nasrul Abit tu urang Pasisia, sudah pasti inyo dapek gala datuak lo. Sebab, sia sae urang Pasisia yang kayo dan jadi pejabat, pasti ingin mandapekan gala datuak. Contohnya, pak Darizal Basir mantan bupati, pak Syafrizal Ucok mantan wakil bupati dan wakil bupati yang kini, juo bagala datuak dan banyak contoh yang lain," kata Syafril yang tak dibantah oleh Miing.

"Oh gitu ye. Bener juge ape yang lo kate, tetangga gue yang jadi pengusaha, juge punya gelar datuak," kata Miing.  

"Kan lah jaleh dek waang tu. Kalau waang ingin tahu nan sabananyo, pai ke Pasisia tu, tanyo jo ketua LKAAM atau ketua KAN. Jaaan waang asal bunyi sae," kata Syafril sembari tegak dan meminta orang warung untuk menghitung belanjanya.

Belum sempat Miing bicara, si Syafri lah baciloteh kembali. 

"Hai Miing, persoalan pak Nasrul Abit tu, banyak yang jadi gunjingan masyarakat. Seperti dulu pak Nasrul Abit tu pernah dilaporkan LSM Mamak Ranah Minang ke KPK dengan tuduhan korupsi dana alkes dan sudah tu masalah ijazahnyo, yang nama ortunya di ijzah SD jo ST babeda," kata Syafril sembari mengulurkan tangan. "Kok ado kecek waden tadi yang malantung ulu hati waang, yo mohon maaf sae yo. Maklum, kecek aden ko acok talonsong tanpa disadari dek lamaknyo ota." 

Kemudian, jika ada pembaca yang punya data tentang garis keturunan atau suku, serta pangulu suku Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit, silahkan kirimkan ke tabloid_bijak@yahoo.com.  (penulis wartawan tabloid bijak).

google+

linkedin