BIJAK ONLINE (Padang)-Masyarakat Sumatera Barat, khususnya yang dari Kecamatan Kuranji Kota Padang pinggiran harus berbangga hati. Kenapa? Karena Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, MSc kelahiran 20 Desember 1963 tak hanya seorang politisi, tapi juga akademisi yang telah menulis 34 buku karya ilmiah.

Yang hebatnya lagi, sebelum menjadi Gubernur Sumbar, 15 Agustur 2010 lalu, politisi PKS ini menjadi anggota DPR RI tiga periode sejak 1999 lalu.  Bahkan,  Irwan Prayitno dikenal sebagai pendiri Yayasan Pendidikan Adzkia, dan masih  tetap mengajar dan menunaikan dakwah sepanjang kariernya.

Jika ditelusuri dari rekam jejaknya, ternyata Irwan Prayitno menulai  pendidikan menengah di SMAN 3 Padang dan terjun sebagai aktivis dakwah saat berkampus di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 1982.

Setelah meninggalkan status mahasiswa pada 1988, Irwan Prayitno  kembali ke Padang mendirikan Yayasan Pendidikan Adzkia. Sebelum mengambil kuliah di Universitas Putra Malaysia pada 1995, ia mengambil pekerjaan paruh waktu di bagian HRD (Human Resource Development) berbagai perusahan pemerintah dan dosen psikologi industri. Seiring pengukuhan Partai Keadilan pada 20 Juli 1998, Irwan membentuk dan mengetuai perwakilan PK di Malaysia. PK mengantar Irwan duduk di parlemen hasil pemilihan umum 1999; Irwan terus terpilih untuk dua periode berikutnya. Setelah menyelesaikan pendidikan doktor, ia berbagi tugas sebagai guru besar bidang pengembangan SDM dan tetap berdakwah.

Sejak menjadi gubernru Sumbar, Irwan telah  mendapat sejumlah penghargaan dari negara. Empat tahun kepemimpinan Irwan ditandai dengan sedikitnya 137 penghargaan dari pemerintah yang diraih Sumatera Barat.

Sedangkan selama duduk di parlemen, Irwan mencurahkan pandangannya dalam penyusunan sejumlah RUU, termasuk penggunaan sumber energi alternatif panas bumi. Yang hebatnya lagi, Irwan dicatat karena kemampuan melobi dan pernah menolak permintaan untuk menjadi menteri.

Berikut ini buku ilmiah yang ditulis Gubernur Sumbar ini.
Buku Seri Pendidikan Islam: 1. Ma’na Asy-Syahaadatain, 2. Ma’rifatullaah, 3. Ma’rifah Ar-Rasuul, 4. Ma’rifah Al-Islaam, 5. Ma’rifah Al-Insaan, 6. Ma’rifah Al-Qur’aan, 7. Al-Ghazw Al-Fikri, 8. Hizb Asy-Syaithaan, 9. Qadhaayaa Ad-Da’wah/Al-Ummah, 10. Al Haq Wa Al-Baathil, 11. Takwiin Al-Ummah, 12. At-Tarbiyah al-Islaamiyah Al-Harakiyah, 13. Fiqh Ad-Da’wah, 14. Membentuk Kepribadian, Muslim, 15. Kepribadian Muslim, 16. Kepribadian Dai.

Buku Seri Pendidikan Anak: 1. Ajaklah Anak Bicara, 2. Ketika Anak Marah, 3. 24 Jam Bersama Anak, 4. Membangun Potensi Anak, 5. Tips Bergaul dengan Anak, 6. Anakku, Penyejuk Hatiku.

Buku Seri Pendidikan Masyarakat: 1. Pemuda Islam, Generasi Penerus, 2. Wanita Islam Perubah Bangsa, 3. Dilema Kebijakan Energi, 4. Mengkritisi Kebijakan Pemerintah, 5. Dai di Tengah Kegalauan Politik, 6. Pemikiran Menuju Masyarakat Madani.

Buku Seri Manajemen SDM: 1. Model Managemen Sumber Daya Manusia, 2. Aktivitas Managemen Sumber Daya Manusia dan Aplikasi Asesmen, 3. Asesmen Sumber Daya Manusia dalam Managemen Sumber Daya Manusia, 4. Kajian Managemen Sumber Daya Manusia dan Asesmen Sumber Daya Manusia, 5. Pembuatan Alat Asesmen Sumber Daya Manusia untuk Managemen Sumber Daya Manusia. (Yal Aziz)

google+

linkedin