BIJAK ONLINE  (Kota  Pariaman)—Pelaksanaan Tour de Singkarak  2015, direncanakan Oktober tahun ini. Untuk melihat kesiapan Kota Pariaman, sebagai  jalaur yang dilewati, tim survey  Tour de Singkarak  2015, telah turun ke Kota Pariaman, Senin (26/5/2015), tim dari Jakarta, Sondik didampigi tim dari Provinsi Sumatera Barat, Didik. 

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Pariaman, Drs. H. Efendi Jamal, MM, mengatakan, Event balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) pada 2015 ini dijadwalkan digelar pada Oktober, mendatang, Kota Pariaman direncanakan tempat finisnya. 

Menurut Efendi Jamal, nanti direncanakan rombongan  balap sepeda Tour de Singkarak, akan dijamu makan siang di Pulau Angso bersama dengan awak media luar dan local. Ia menjelaskan event TdS itu juga bisa sebagai salah satu ajang untuk promosi wisata daerah ke dunia internasional.

Lebih jauh disampaikan, TdS bukan hanya sekedar hiburan maupun olahraga saja, tetapi bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat karena banyak perputaran uang saat event dilaksanakan.  

Selain itu,  dengan event tahunan ini juga akan meningkatkan infrastruktur sehingga bisa dinikmati masyarakat.

Event ini, ujarnya, diikuti peserta dari berbagai negara sehingga banyak di liput media internasional dan secara tidak lansung sudah memperkenalkan daerah ke luar negeri.  Survey yang dilakukan di Kota Pariaman, melihat dari dekat jalur-jalur jalan yang akan dilewati pembalap nantinya.

“ Untuk Kota Pariaman lokasi finish TdS kemungkinan tidak akan berubah, yaitu di Pantai Gandoriah”, tutur Efendi Jamal. 

Pada sisi lain Tim Provinsi Sumatera Barat, Didik,  ketika ditanya mengatakan, setelah dilaksanakan rapat koordinasi dengan pihak kementerian maka pelaksanaan TdS akan dilaksanakan pada Oktober 2015 d dengan berbagai pertimbangan, salah satunya supaya tidak berbenturan dengan bulan suci Ramadhan dan suasana lebaran. (amir)

google+

linkedin