BIJAK ONLINE (Agam)-Pelestarian, Pelatihan serta Pemasaran merupakan pilar penting yang tidak bisa terabaikan dalam Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) termasuk juga dalam bidang fashion, sofenir serta produksi rumah tangga lainnya. Langkah ini merupakan suat solusi tepat dalam kemajuan UKM, terutama tenun,dan kerajinan lainnya, yang diyakini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama kelompok-kelompok perajin tenun dan sofenir.

“Untuk itu, diharapkan semua pihak dapat memberikan dukungan positif terhadap program pelatihan – pelatihan yang dilakukan Pemerintahan Kabupaten Agam, yang diharapkan akan mampu menjadi kelestarian berbagai kerajinan rumah tangga di Agam,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Agam, Jabanur di ruangan kerjanya beberapa waktu lalu kepada Tabloid Bijak.

Menurut Jabanur, dirinya  terus mendukung para pengrajin melalui pelatihan-pelatihan sehingga dapat memproduksi produk-produk yang unggul sesuai dengan kebutuhan, tidak hanya untuk dalam negeri tetapi juga internasional.

Kemudian, kata Jabanur, dirinya juga  sangat mengapresiasi atas keseriusan dan kegigihan masyarakat Kabupaten Agam khususnya Kamang Magek dalam rangka penumbuhan wirausaha berbasis hak kekayaan intelektual untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. "Kita berharap, agar para pengrajin yang sudah dilatih agar terus belajar dan jangan berhenti sampai di sini," harapnya.

Terpisah Ketua DPD LSM GARUDA RI Kabupaten Agam, Yusra Wafilma, mengatakan, karena ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah yang diaplikasikan melalui Dinas Koperindak  selaku lembaga sosial kontrol kita sambut baik dan akan dukung program ini, dan diharapkan para pengrajin lebih konsisten mengikuti pelatihan guna pematangan dalam membuat karya yang mampu bersaing di pangsa pasar. "Saya saya acungkan dua jempol terhadap kinerja Koperindak Agam, di bawah kepemimpinan Jabanur," terang aktivis muda ini mengakiri.(Emilia)

google+

linkedin