BIJAK ONLINE (Padang)-Sebagai salah seorang kandidat yang didesak maju oleh berbagai elemen masyrakat, Drs Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah menegaskan, keinginan maju bersama Raswin salah satu diantaranya adalah  untuk menuntaskan masalah pemekaran Kabupaten Renah Indojati.

"Pak Raswin itukan ketua pemekaran Renah Indojati dan pak Raswin itu pun putra Pesisir Selatan yang dari selatan, jadi sangat cocoklah berpasangan jo ambo," kata Syafrizal Ucok kepada Tabloid Bijak, Minggu, 31 Mei 2015.

Sebenarnya September 2014 lalu, kata Syafrizal Ucok, DOB Pemekaran Renah Indojati itu sudah akan di paripurnakan dan tetapi sangat disayangkan suasana politik di DPR RI waktu itu, membuat masalah pemekaran Renah Indojati terabaikan. "Tapi kini, peluang Renah Indojati menjadi daerah otonomi baru (DOB) kembali terbuka, dengan cacatan rencana pembentukan kabupaten wilayah pemekaran Pesisir Selatan itu harus diusulkan kembali ke DPR RI," kata mantan Kepala Biro Pemerintahan Kantor Gubernur Sumatera Barat ini.

Kemudian, kata Syafrizal Ucok, seperti diketahui, pada pada DPR periode lalu ada usulan 87 RUU DOB yang gagal disetujui menjadi DOB. Salah satunya adalah usulan pembentukan Kabupaten Re­nah Indojati yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Pesisir Selatan."Kini pembentukan DOB sudah ti­dak ada masalah lagi karena mora­torium pembentukan DOB sudah dihentikan karena su­dah dimasukkan RUU ko­mu­latif dalam Program Legis­lasi Nasio­nal (Prolegnas) 2015-2019.

Kemudian, kata Syafrizal Ucok, untuk semua proses mengajuan DOB memang harus dimulai lagi dari nol. Tapi,  tidak ada perubahan, maka dokumen itu bisa digunakan kembali untuk usulan pembentukan DOB. "Ambo raso sangat cocok kalau pak Raswin yang mengusulkan kembali," ujarnya. 

Secara terpisah, Ketua Tim Investigasi LSM Mamak Ranah Minang, Djamalus Datuk Rajo Balai Gadang menyebutkan, sudah sangat cocoklah Syafrizal Ucok berpasangan dengan Raswin. Yang pertama keduanya sudah mewakili putra daerah utara dan selatan. Sudah tu antaro Nasrul Abit dengan Pak Raswin sudah berteman lama dan jadi dalam masalah kesinambungan pembangunan di Pesisir Selatan akan berlanjut," katanya. (PRB)

google+

linkedin