BIJAK ONLINE (Agam)-Tinggal hitungan hari Pemerintah Kabupaten Agam, akan mengadakan kegiatan Festival Danau Maninjau yamng ditetapkan pada Juni 2015, yang bertujuan untuk mempromosikan objek wisata di daerah yang berlambang Harimau Duduk itu, sehingga dapat menggenjot kunjungan wisatawan meningkat. 

Saat dikonfirmasi Bijak Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agam, Hady Suryadi, mengatakan berbagai kegiatan akan diadakan saat Festival Danau Maninjau itu antara lain Para layang yang diikuti sejumlah Negara Asia Tenggara dan Eropa.

Adapun dalam festival tersebut juga akan digelar beragam pertujukan Kebudayaan tradisional Minangkabau seperti Tambua Tansa, Pencak Silat, Pasambahan dan Pameran usaha kecil menengah,yang merupakan kerja sama dengan instansi terkait " katanya.

Saat kita sedang mempersiapkan sarana dan prasarana sebagai penunjang berbagai keperluan kegiatan salah satunya titik koordinat pendaratan Para layang di Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, kelompok Kesenian tradisional yang juga nantinya ambil bagian tampil saat festival berlangsung dan lainnya.

Lebih jauh Hady Suryadi menambahkan, festival Danau Maninjau ini diadakan selain salah satu bentuk kepedulian kita akan kelestarian Danau juga sebagai magnetik wisatawan domestik dan internasional untuk berkunjung ke Kabupaten Agam, sehingga grafik kunjungan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2014 lalu tercatat jumlah kunjungan sebanyak 392.318 wisatawan Domestik dan 28.146 wisatawan Manca Negera,sementara pada 2013 sebanyak 308.740 wisatawan nusantara dan sebanyak 20.733 wisatawan Manca Negera, pada 2012 sebanyak 252.510 wisatawan nusantara dan sebanyak 19.006 wisatawan Manca Negera.

Sementara ini jumlah kunjungan mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya kita juga mengadakan kegiatan lain dengan diadakannya kegiatan ini kita berharap kunjungan wisatawan ke Kabupaten Agam ini bisa terus meningkat, terangnya mengakiri.(Mastoti)

google+

linkedin