BIJAK ONLINE (Kota  Pariaman)—Tim penilai desa terbaik tingkat Sumatera Barat, mendapat sambutan meriah dari masyarakat Desa Batang Kabung, Kecamatan Pariaman Timur yang  mewakili Kota Pariaman, Selasa (19/5/ 2015.

Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, MM, mengatakan, terpilihnya  Desa Batang Kabung Kecamatan Pariaman Timur mewakili Kota Pariaman mengikuti perlombaan desa/kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat,  berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi tim penilai khusus. 

"Dari 55 desa yang ada di kota ini, Desa Batang Kabung Kecamatan Pariaman Timur dianggap paling tepat untuk mewakili ke lomba tingkat Provinsi Sumbar," kata Mukhlis 

Dikatakan, keunggulan Desa Batang Kabung, dapat dilihat dalam berbagai aspek, terutama menyangkut partisipasi dan semangat gotong-royong masyarakat, pelaksanaan pembangunan dengan pola partisipatif, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MPK) serta program PKK dengan kegiatan-kegiatan yang terdapat pada Pokja I sampai IV berjalan lancar.


Pada sisi lain secara terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Pariaman, DRs. Lahnefi, menambahkan, desa Batang Kabung  telah dipantau dan diperbaiki secara administrasi sejak April 2015. Dan semua yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tingkat provinsi telah dipersiapkan.

"Administrasi di tingkat kantor desa telah melengkapi data yang belum terakomodir, dan pembenahan di lapangan telah kita lakukan guna persiapan ke tingkat provinsi," kata dia.

Pembenahan desa dan persiapan lainya tidak hanya dilakukan oleh perangkat desa maupun masyarakat itu sendiri, namun juga diikuti dan dipantau langsung, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Selain mempersiapkan diri ke tingkat yang lebih tinggi, Lahnefi  mengaku memiliki target agar pemerintah setempat secara berkelanjutan mengevaluasi program dan kegiatan yang telah direncanakan. 

"Target kita tentunya bisa meraih hasil yang memuaskan, namun jika itu tidak bisa tercapai kita telah menargetkan Desa Batang Kabung menjadi contoh bagi desa lainnya di daerah ini," jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Batang Kabung, Kamili, menuturkan bahwa desa nya dihuni  1.427 jiwa dengan luas daerah 90 hektar. Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani, buruh tani, wiraswasta, PNS dan industri rumah tangga.

"Industri rumah tangga yang berkembang di desa ini diantaranya adalah usaha bordiran, mukena, dan ladu pinang," ucapnya.



Ketua rombongan Provinsi Sumatra Barat, E Rahman, mengatakan pelaksanaan perlombaan desa dan kelurahan ini merupakan agenda kementrian dalam negeri  setiap tahunnya dilaksanakan. 

Tujuan  perlombaan desa/kelurahan berprestasi,  untuk melihat semua kegiatan yang sudah dilaksanakan dua tahun terakhir tahun 2013-2014, sekaligus melihat sejauh mana dukungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi, motivasi dan swadaya gotong royong di masyarakat.

Adapun  rombongan Tim penilai tingkat Sumatera Barat, Ary Chandra, Konsultan Pemberdayaan Masyarakat, Mukhlis, BPM Provinsi, Darmansyah Siroen, Ketua DPD LPM, Emi Musyair TP-PKK Provinsi, Ratmil, Dinas Pendidikan Provinsi, Thamrin, Kesbangpol Provinsi, Susi Mekarsari, Dinas Kesehatan Provinsi, dan Effi Zulfia Naros dari BPM Provinsi. (amir)

google+

linkedin