BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Sala Lauak Urang  Piaman, bakal masuk rekor  Muri. Kenapa? Karena  akan  ada lomba membuat sala lauak, sebanyak 75 ribu buah,  untuk memeriahkan Festival Pesisir  2015, di Pantai Gandoriah, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu dan Minggu (27,28,29,30,31/5/2015). 

Hal itu diungkapkan  Kabid Pemasaran dan Kerjasama Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Pariaman, Dra. Zahirma, didamping Nesya dan Asrif  Damrah dari Humas, Senin, (25/5/2015) dalam jumpa pers di sekretariat panitia Pantai Gandoriah. 

Dikatakan, kegiatan ini dalam rangka menumbuhkembangkan dan memromosikan potensi daerah dibidang seni dan ekonomi kreatif masyarakat pesisir. Acara ini akan dikemas semeriah mungkin, sekalian mengundang orang untuk datang ke Kota Pariaman.

Lebih jauh disampakan, acara pembukaan Rabu, (27/5/2015) bakal dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat, sekaligus selaku Ketua DPW PKDP  Sumatera Barat, Drs. H. Muslim Kasim, sekitar jam 9.00 Wib, di Pantai Gandoriah. Acara pembukaan akan dimeriahkan juga dengan tari Ragam Pesisir.

Menurut Zahirma, selain lomba mebuat sala lauak Piaman, juga akan diadakan lomba, kuliner membuat sate Piaman, pada hari pembukaan. Kemudian hari kedua Kamis, (28/5/2015) diadakan lomba silat tardisional dan lomba maelo pukek. 

Pada hari ketiga Jum’at (29/5/2015) ada lomba memasak serba ikan dengan acara pengambilan nada lau minang. Kemudian pada hari keempat Sabtu (30/5/2015) diadakan lomba selaju sampan, lomba lagu minang danlomba  layang-layang. 

Hari terakhir, Minggu (31/5/2015) pukul 08-12.30, baru acara yang ditunggu-tunggu lomba mebuat sala lauk Piaman sebanyak 75 ribu buah salad an setelah dikukuhkan menjadi rekor Muri, sala akan dibagikan kepada pengunjung.  

Seluruh yang dilombakan  bakal diberikan hadiah, uang tunai dan piala. Total hadiah yang akan dibagikan senilai Rp. 225 juta. Penyerahan hadiah akan dilangsungkan pukul 14.00 sampai dengan selesai, hari minggu tersebut.  

Sebelumnya pada tanggal (20,21,22,23,24,25/5/2015) telah dilangsungkan lomba foto bawah laut (Underwarter) di Pulau Kasiak dan Pulau Ujung, semua foto akan dipajangkan, ketika penilaian dewan juri berlangsung. Acara ini juga dimeriahkan dengan Pameran dan Bazar. 

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Pariaman, Drs. H. Efendi Jamal, MM, menghimbau masyarakat dan perantau Piaman untuk dapat datang beramai-ramai dan pulang kampung memeriahkan acara Festifal Pesisir ini yang baru pertama kali diadakan. 

“Saya optimis acara ini akan meriah dan ramai dikunjungi masyarakat nantinya”, tutur Asrif Damrah dari bagian Humas menyela.  (amir)




google+

linkedin