BIJAK ONLINE (Agam)-Tim Ramadhan Pemerintah Kabupaten Agam bakal mengunjungi sekitar 40 masjid selama bulan ramadhan1436 hijriah. Jumlah tersebut bakal dibagi menjadi 32 tim reguler dan delapan tim khusus.   


Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah, Kabupaten Agam, Zainal Mutaqin kepada Bijak Senin (18/5) mengatakan, jadwal tim ramadhan sudah mulai disusun, tim terdiri dari kepala daerah, kepala satuan kerja perangkat daerah, unsur masyarakat, dan wartawan.


“Tim ramadhan terdiri dari dua kategori, yaitu tim reguler dan tim khusus. Tim reguler bisa saja dipimpin oleh kepala SKPD, maupun asisten, namun tim khusus dipimpin oleh kepala daerah. Gambaran susunan tim ramdhan sudah direncanakan,” katanya.


Ia menjelaskan, mesjid maupun mushala yang dikunjungi adalah usulan dari pihak kecamatan dan belum pernah dikunjungi tim ramadhan pada tahun sebelumnya. “ Tim akan mulai mengunjungi mesjid dan mushala sejak awal ramadhan. Melalui kunjungan tersebut hendaknya semakin memperkuat hubungan dan silaturahmi pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.


Dikatakannya, untuk bantuan tim ramadhan  1436 hijriah tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Agam melalui bagian kesejahteraan masyarakat dianggarkan bantuan lebih kurang Rp300 juta. Setip mesjid mendapatkan bantuan Rp7.500.000. Ia berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal nantinya untuk keperluan masjid.


Menurut Zainal, pelaksanaan kunjungan tim ramadhan pada tahun lalu berjalan dengan baik, dan mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari masyarakat. Ia berharap pelaksanaan tahun ini juga berlangsung dengan demikian.


Selain melakukan kunjungan melalui tim ramadhan pemerintah juga melakukan kegiatan lain seperti buka bersama. Pihaknya juga siap mendorong seluruh kegiatan masyarakat pada bulan ramadhan yang memiliki nilai syiar agama.(Robi)

google+

linkedin