BIJAK ONLINE (Padang)-Wakil Ketua Koperasi Batu Akik Atom Shoping Center, Djamalus Datuk Rajo Balai Gadang menyarankan Raswin yang gagal berpasangan dengan Syafrizal Ucok, sebaiknya maju bersama Alirman Sori di Pilkada Pesisir Selatan, yang digelar serentak, 9 Desember 2015 mendatang.

"Jika Raswin berpasangan dengan Alirman Sori, peluangnya cukup besar, karena sudah merupakan pasangan utara-selatan," kata Djamalus Datuk ketika berbincang-bincang dengan Tabloid Bijak, Kamis, 25 Juni 2015.

Menurut Djamalus, Raswin merupakan salah seorang putra terbaik dari daerah selatan, yang sekaligus ketua percepatan pemekaran Renah Indojati dan sementara Alirman Sori mantan Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, serta pernah pula menjadi senator DPD RI. "Setahu saya, Alirman Sori telah mendapat sinyal dan dukungan dari Syafrizal Ucok yang memutuskan tidak maju, karena kariernya di provinsi Sumbar masih tagak tali," kata aktifis Ketua Tim Investigasi LSM Mamak Ranah Minang ini.

Kemudian, kata Djamalus, dari pengalaman di birokrasi, Alirman Sori tak hanya punya kemampuan, tetapi juga punya lobi ditingkat nasional. "Jadi kalau menurut saya, pasangan Alirman Sori dan Raswin sudah merupakan pasangan yang ideal dan pas dan nama keduanya sudah layak jual di Pessel," kata anggota jemaah tabliq ini yang masih punya darah Pesisir Selatan dari kakeknya.

Sikap dan kebijakan yang diambil Syafrizal Ucok untuk tidak maju di Pilkada Pessel, kata Djamalus sudah merupakan kebijakan yang sangat arif dan realitis. Soalnya, dalam kondisi kekinian, masyarakat tak hanya melihat kualitas figur, tetapi yang dilihat masyarakat adalah kepeng alias pulus. "Hebat banalah awak, kalau indak didukung finasial yang kuat, sulit juga meraih kemenangan," katanya.

Sedangkan untuk membangun kampung, kata Djamalus, Syafrizal Ucok tak harus jadi Bupati Pessel, tetapi dengan jabatannya kini di BPM Sumbar, serta jadi Ketua IKPS Sumbar, berarti dirinya masih bisa membangun kampung leluhurnyo. "Jujur, kemampuang pak Syafrizal Ucok kini, saya optimis peluang jadi sekretaris daerah Sumbar bakal diraihnya," tambah pengagum Bung Hatta ini. (PRB)

google+

linkedin