BIJAK ONLINE (SAWAHLUNTO) –Ketua  Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat, Defika Yufiadra mengukuhkan kepengurusan DPD KNPI Kota Sawahlunto masa bakti 2014 – 2017, di Gedung Pusat Kebudayan, Kota Sawahlunto,  Selasa, 16 Juni 2015 lalu.

Pengukuhan kepengurusan DPD KNPI Kota Sawahlunto yang dinahkodai Andri Maha Putra dan Sekretaris Umum Gyovanni merupakan hasil Musyawarah DPD KNPI Kota Kota Sawa;unto, November 2014 lalu, yang waktu itu  dihadiri Walikota Sawahlunto Ali Yusuf dan tokoh pemuda.

Ketua DPD KNPI Kota Sawahlunto Andri Maha Putra seusai pengukuhannya menghimbau semua organisasi kepemudaan yang ada di Kota Sawahlunto untuk proaktif dan giat kembali melaksanakan berbagai kegiatan.

“Sebagai wadah bernaungnya organisasi pemuda, KNPI siap untuk membangun kinerja bersama organisasi kepemudaan di Kota Sawahlunto ini," katanya. 

Menurut Andri Maha Putra, sudah seharusnya Pemerintah Kota Sawahlunto punya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Tujuannya, agar pembinaan pemuda dan olahraga di Kota Sawahlunto sama dengan daerah lainnya di Sumatera Barat. 

Kemudian, kata Andi Maha Putra, pembenukan Dinas Pemuda dan Olahaga sudah diatur oleh Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014  Tentang Pemerintah Daerah yang salah satu pointnya memawajibkan pemerinah membina pemuda dan olahraga. 'Yang jelas, KNPI Sawahlunto telah berkomitmen,  akan mendukung program pemerintah yang bertujuan membangun semangat pemuda serta bermanfaat untuk kota ini," katanya.

Begitu juga, kata Andi Maha Putra dengan Program Magrib Mengaji, serta kegiatan kebersihan lingkungan dan peningkatan semangat berolahraga ditengah– tengah masarakat. 

Sementara Walikota Sawahlunto Ali Yusuf menyatakan harapan kepada KNPI untuk bergerak cepat seiring dengan semangat generasi muda. “Pemerintah kota sangat mendukung agar pemuda lebih mengambil peran aktifnya dalam mengisi serta sebagai pelopor ditengah-tengah masyarakat,” pintanya.

Menurut walikota, ada beberapa program pembangunan yang bertujuan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia yang telah dilakukan pemerintah,  seperti kegiatan pembinaan remaja masjid, peningkatan adat dan agama serta pembinaan olahraga yang sangat erat dengan kepemudaan.

Pada acara pengukuhan, KNPI Kota Sawahlunto juga menyerahkan Piagam Pengahargaan KNPI Award  kepada Eryanto Melhisi, Rafi Junaifi dan Hendri Thalib yang dinilai sangat berjasa dalam membina organisasi kepemudaan. (Megy)

google+

linkedin