BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)---Ketua  Tim Set Mil Kepresidenan RI, Kol. Erwan Hartono, mengatakan,  Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali ukhni, sudah pantas diberikan penghargaan Bintang Satya Lencana Pembangunan oleh Presiden, melihat banyak prestasi dan penghargaan yang sudah didapatnya selama  bertugas. 

Hal itu disampaikan Erwan, pada  exposnya, dalam rangka penilaian Calon penerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM),  di Pandopo rumah dinas Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, Kamis (18/6/2015).

Dikatakan, penghargaan Satya Lencana Pembangunan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) itu akan diserahkan Presiden RI Joko Widodo, 23 Juli 2015 di Nusa Tenggra Timur (NTT) pada peringatan Hari Koperasi  Inonesia, khusus Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, datanya telah sampai di Tim Kepresidenan.

“Jadi tujuan kunjunganTim turun  lapangan, untuk memberikan Vervikasi data yang telah ada, guna untuk mencocokannya terhadap laporang yang sudah masuk. Kemudian hasil kunjungan lapangan ini akan diajukan kepada Tim gelar Kepresidenan, muda-mudahan saja, apa yang ditemukan di lapangan sesuai dengan data yang ada”, tutur Erawan. 

Sementara itu Bupati Ali Mukhni, di dalam eksposnya, mengatakan, Pemda Padang Pariaman, selalu memberikan perhatikan tinggi terhadap kemajuan Koperasi  dan Usaha Kecil Menengah (UKM), bahkan secara pribadi Ali Mukhni mengaku masuk sebagai  anggota koperasi, guna memberikan motivsi  terhadap pengurus dan anggota. 

Disampaikan Ali Mukhni, jumlah koperasi yang terdaftar di Diskoperindag Padangpariaman hingga  tahun 2014 sebanyak 232 unit. Sedangkan  koperasi yang aktif beroperasional sebanyak 186 unit sedangkan, sisa nya terdapat 46 unit tidak aktif.
“Terhadap koperasi yang tidak aktif ini kami sudah melakukan pembinaan terutama kepada pengurus koperasi dalam bentuk pelatihan dan manajemen untuk pengelolaan koperasi,” kata Ali Mukhni.

Usai ekspos di Pandopo, Bupati Ali Mukhni didampingi Kepala Dinas Koperindag dan UKM  Rustam, SE, MM, mengajak Erwan dengan rombongan mengunjungi Koperas Pasar (Koppas) Padang Sago, Koperasi  Sinar Lalut di Pasie Baru dan Koperasi  Kayu Manih, Kecamatan V Koto Kampung Dalam. 

Di Koppas Padang Sago, Erawan  mendapatkan penjelasan dari Ketua Koppas Afrizal, SE, tentang usaha Bupati Ali Mukhni  melakukan pembinaan terhadap koperasi, bahkan menurut Afrizal, Ali Mukhni, pantas diberikan gelar bapak koperasi, buktinya, secara sukarela dia datang ke Koppas Padang Sago, mendaftarkan menjadi anggota. 

Dikatakan, sejak kepemimpinan  Ali Mukhni, khusus terhadap Koppas Padang Sago, berbagai program  diberikan, seperti bantuan 1 unit truk, bantuan moda untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan dana Hibah dari Kementerian Koperasi dan UKM sebanyak Rp. 900 jutapada tahun 2013 yang diperuntukan untuk pembangunan Pasar Padang Sago. (amir)

google+

linkedin