BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-- Wakil Walikota Pariaman, Dr. Genius Umar, mengatakan, Pemko Pariaman, melalui Dishubkominfo akan membangun aplikasi untuk mewujudkan target sebagai kota pintar yang layak bagi warganya dan ramah bagi pengunjung. Hal ini dalam membantu pengembangan smart city.

Hal itu diungkapkan Geneus Umar, ketika menyambut datangnya Chief Technology Officer Citiasiains, M. Rosidi Wiradinata bersama timnya di Kota Pariaman, di dampingi, Kadishubkominfo Agusriatman, Selasa (16/6/2015), di ruang kerjanya.

Pada kesempatan itu Genius mengungkapkan harapannya melalui penguatan jaringan dan perintegrasian sistem pelaporan secara cepat diharapkan Kota Pariaman mampu melayani warga dan investor pendatang.

Terlebih lagi Kota Pariaman saat ini mengunggulkan pengembangan potensi bidang kepariwisataan dalam menunjang sektor perekonomian masyarakat lewat daya ungkitnya.

“Smart city ini mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kota, taraf hidup warga kota, dan keberlangsungan hidup kota. Salah satu pilarnya ditujukan untuk fasilitas pendidikan masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif,” Ujar Genius.

Chief Technology Officer Citiasiains, M. Rosidi Wiradinata menuturkan aplikasi tersebut juga dapat diakses untuk ponsel pintar dengan sistem android yang akan mempublikasikan lokasi seputar kependudukan, kebersihan, perhubungan, bencana, sosial, pajak, dan sebagainya yang terintegrasi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

“Disamping data dan informasi kinerja SKPD akan langsung terkoneksi oleh masyarakat, diharapkan juga warga bisa melaporkan situasi yang perlu dibenahi dengan mengirimkan foto beserta lokasi,“ tutup Rosidi. (amir)

google+

linkedin