BIJAK ONLINE ( Padang)-- Para petani di Kampung Teluk Betung Kenagarian IV Koto Hilir Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan mengharapkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membangun irigasi untuk mengairi sawah  yang mencapai ratusan hektare. 

"Sampai saat ini,  irigasi yang ada sangat tidak layak, sehingga berdampak dan menganggu produktivitas petani," kata Rosdiana kepada Tabloid Bijak, Senin, 22 Juni 2015.

Menurut Rosdiana, areal perswahan di Kampung Teluk Betung Kenagarian IV Koto Ilir lebih kurang 75 hektare. "Akibat irigasi, petani hanya mampu memanen satu kali dalam setahun,"katanya.

Kemudian, kata Rosdiana,  selama ini dirinya dan warga petani lainnya hanya mengandalkan hujan. Apabila musim hujan barulah mereka bertani, selebihnya areal persawahan ini dibiarkan begitu saja, apabila dikerjakan pun hasilnya tidak sesuai harapan.


“Kalau musim kemarau hasil padi yang kita peroleh sangat jauh dari harapan, meskipun telah dikasih pupuk apapun tetap saja kualitasnya kurang karena minimnya air yang ada,” lanjutnya.

Irigasi yang ada selama ini pun dikatakannya tidak mampu mengairi seluruh areal persawahan. Akibatnya air hanya mampu mengaliri wilayah hulu sedangkan areal persawahan yang berada dihilir kerap tidak mendapatkan air. “Kita sangat mengharapkan sekali adanya bantuan pemerintah untuk irigasi ini, agar produktivitas panen padi kita dapat meningkat,” tandasnya ( chan)

google+

linkedin