Teks foto: Tampak Walikota Solok, H. Irzal Ilyas, ketika melakukan dialog dengan salah seorang pedagang di pasar raya Solok, ketika memantau harga sembako di daerah tersebut, Senin kemaren (22/6)


BIJAK ONLINE (Solok)-Walikota Solok H. Irzal Ilyas Dt Lawik Basa bersama jajarannya melakukan kunjungan ke Pasar Raya Solok dan Pasar Pabukoan, Kota Solok, Senin (22/6). 

Tujuannya untuk memastikan ketersedian sembilan bahan pokok (Sembako) selama Ramadhan 1436 Hijriah,  

Selain memantau ketersedian pangan, juga mengawasi harga bahan pokok agar tetap dalam batas wajar. Selain itu Walikota juga melakukan sidak di Pasar Pabukoan.

Hasil kunjungan Walikota Solok ke pasar dan bertanya kepada para pedagang, harga sembako masih aman, meskipun ada kenaikan seperti harga ayam potong yang sebelum memasuki bulan Ramadhan berkisar antara Rp.20.000 hingga Rp.21.000, kini harganya naik menjadi Rp,23.000 per kilogramnya.

Sedangkan mengenai stock bahan pangan ia mengatakan ketersedian bahan pokok aman, dan harga bahan-bahan pokok tersebut masih berada dalam batas wajar meskipun mengalami kenaikan. “Harga bahan pokok  relatif stabil, masih berada dalam batas wajar, kemudian cadangan pangan di pasar raya solok aman,” cetus Irzal Ilyas di Pasar Raya Solok. 

Walikota menegaskan bagi masyarakat pada bulan Ramadhan dan lebaran nanti tidak perlu kuatir akan stock pangan, sedangkan kenaikan harga yang terjadi hanya sedikit, ketimbang harga nasional atau pasar di daerah lain.

Irzal Ilyas juga sempat berdialog dengan beberapa pedagang untuk menanyakan harga beberapa barang kebutuhan pokok. “Harga sembako di pasar raya Solok masih terbilang aman dan stabil, meski ada kenaikan pada beberapa jenis sembako, tetapi masih wajar," terang Irzal Ilyas. 

Hanya saja pada haraga cabe merah kriting, yang semuala Rp 30 sampai 40 ribu, saat ini mencapai Rp,50.000. Untuk harga minyak goreng curah juga mengalami kenaikan, semula Rp.10.000 kini menjadi Rp,12.000. "Pemerintah akan terus melakukan terhadap harga-harga sembako menjelang Idul Fitri dan selama Ramdhan," tutur Irzal Ilyas. 

Pihaknya juga akan terus mengawasi dan memastikan ke bersihan tempat berjualan, kemudian makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet dan pewarna akan ditindak tegas. Safari pasar yang dilakukan Pemko Solok ini dimulai dari pukul 14:00 hingga pukul 16:00. tepatnya hingga pasar pabukoan ramai dikunjungi para konsumen, sehingga aspirasi masyarakat langsung diserap oleh Pemko Solok, terkait pasar raya solok dan pasar pabukoan dalam pandangan masyarakat, sehingga kedepanya dapat dilakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan demi kenyamanan kepada masyarakat (wandy/ervan)

google+

linkedin