BIJAK ONLINE (SOLOK)-Air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solok, banyak dikeluhan warga Kota Solok, karena air berwarna kuning dan  keruh. Selain itu, air sering mati dan kalau ada airnya kecil.

Keluhan tersebut sudah disampaikan ke pihak PDAM kota Solok dan juga pemerintahan kota, tetapi masih belum ada upaya perbaikan atau perubahan dari pihak PDAM.

Menurut Sari (32), salah seorang pelanggan  PDAM Kota Solok, air bersih dari PDAM yang masuk kerumahnya, sering tidak keluar dan kadang malah satu atau dua hari airnya mampet. “Kalau ini tidak dibenahi, maka kami sebagai pelanggan PDAM jelas dirugikan karena pelayanan tidak maksimal,” tutur Sari, Minggu siang (28/6)

Keluhan yang sama, juga disampaikan Doni (38) warga kelurahan Simpang Rumbio, hanya saja selain tidak mengalir kerumahnya, terkadang air yang keluar berwarna keruh," dua sampai tiga ember airnya keruh, barulah bersih," kata Doni.

Permasalahan air bersih di Kota Solok memang sering menjadi topik hangat dikalangan warga yang berlangganan air PDAM. oleh sebab itu warga minta Pemko secepatnya mencari solusi yang tepat. Terkait hal tersebut, Walikota Solok Irzal Ilyas Dt Lawik Basa mengatakan pihaknya segera memberikan perintah kepada PDAM untuk menyelesaikan persoalan-persoalan air bersih di Kota Solok.

“Keluhan warga tentang air bersih yang telah  berlarut-larut. Pada safari ramadhan, banyak warga langsung menyampaikanya kepada saya, itulah fungsi adanya safari Ramadhan, sehingga Pemko mengetahui keluhan warga tersebut dan akan dicarikan solusinya," kata Walikota.

Keluhan yang sama juga disampaikan masyarakat kepada Wakil Walikota Solok, Zul Elfian Dt Tianso juga banyak mendapat laporan dari warga selama safari ramadhan mengenai kurangya pelayanan penyaluran air bersih dari pihak PDAM.

Zul Elfian mengatakan persoalan air bersih sudah bertahun-tahun, dan pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah Dinas terkait untuk bergerak seperti  Dinas Pekerjaan umum kota Solok, untuk segera memperbaiki pipa yang rusak sementara itu PDAM melakukan perawatan yang konsisten kata Zul Elfian.

Masalah lain yang tidak kalah pentingnya adalah  PDAM kota Solok masih kekurangan Sumber air bersih sehingga belum mampu melayani seluruh warga kota secara keseluruhan dengan sempurna. “Kita minta PDAM mencari sumber air baru secepatnya,mengingat masih banyaknya kebutuhan warga akan air bersih untuk kota Solok," pungkas Zul Elfian (wan/van)

google+

linkedin