BIJAK ONLINE (SOLOK)- Sebanyak 387 mustahig yang ada di kecamatan Gunung Talang, Rabu (16/12), menerima bantuan dari Badan Amal Zakat (Bazda) Kabupaten Solok. Adapun para mustahig yang menerima bantuan, telah melalui penyeleksian yang ketat dari tim penyeleksi Bazda Kabupaten Solok.
 
Acara penyerahan bantuan, di pusatkan di SD Negeri 19 Koto Gadang Guguk,  kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Tampak hadir pada penyerahan Bazda tersebut antara lain Ketua Bazda Kabupaten Solok, H. Khairi Yusri yang diwakili Sekretaris Bazda Kabupaten Solok, Drs H Rifa'i Mahyunar MPd.I,  Kepala KUA Gunung Talang, Kepala UPT Pendidikan Gunung Talang, Firdaus, Camat Gunung Talang, Sujamto Amrita, Walinagari Koto Gadang Guguk, Adri, serta ratusan masyarakat penerima zakat.
 
Menurut Sekretaris Bazda Kabupaten Solok, Drs.H.Rifa'i.Mahyunar.M.Pd.I, total bantuan yang diserahkan kepada mustahig adalah sebesar Rp 136.500.000.
 
Adapun kategori zakat yang diberikan adalah untuk bantuan pendidikan bagi keluarga miskin untuk tingkat SD adalah sebanyak 259 orang dengan total bantuan sebesar Rp.77.700.000, untuk bantuan pendidikan SLTP sebanyak 52 orang dengan jumlah bantuan Rp 20.800.000, SLTA sebanyak  36 orang dengan total bantuan Rp.18.000.000 dan bantuan zakat konsumtif bagi 40 orang mustahig dengan total bantuan sebesar Rp .20.000.000.
 
Total yang menerima zakat sebanyak  total 387 orang dengan total atau jumlah penyaluran zakat sebesar Rp 136.500.000. “Kita harapkan zakat ini bermanfaat dan digunakan sesuai keperluan yang bersangkutan,” tutur H Rifa'i Mahyunar.
 
Sementara Kepala UPT Gunung Talang, Firdaus, SPd, menyampaikan bahwa bantuan zakat yang diserahkan berasal dari Bazda Kabupaten Solok dan merupakan zakat dari para PNS di daerah bumi penghasil bareh tanamo itu. “Zakat dari para PNS yang ada di Gunung Talang saja setiap bulannya mencapai Rp 35 juta,” tutur Firdaus.
 
Sebelumnya, Bazda Kabupaten Solok juga sudah menyalurkan zakat kepada para mustahig di kecamatan X Koto Diatas yang dibagikan di kantor camat setempat. Sebanyak  326 mustahiq di kecamatan tersebut sudah menerima bantuan dengan total Rp 119.700.000 (wandy)


google+

linkedin