BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mencanangkan Gerakan Nasional Gerakan Nasional, ketika memberikan kata sambutan pada Upacara Gerakan Nasional Bela Negara, di Halaman Kantor Gubernur Suatera Barat, Jumat, 19 Desember 2014.
 
“Pada Hari ini, Jumat Tanggal 19 Desember 2014 saya Gubernur Sumatera Barat mencanangkan” Gerakan Nasional Bela Negara,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.
Upacara dihadiri,  jajaran Polisi, TNI AD, AL dan AU, Polisi Pamong Praja, Pegawai Negeri Sipil dan Para Siswa-siswi  dari Sekolah Menengah.
 
Upacara yang berlangsung khidmat dan tertib,  juga dihadiri para veteran yang telah berjuang pada masa penjajahan dulu, dan masa PDRI lalu.
 
Menurut gubenur, momentum peringatan Hari Bela Negara ini, dirinya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia belajar dari sejarah perjuangan bangsa untuk menatap masa depan.
 
“Tindakan  yang dimaksudkan dengan  Bela Negara bukan hanya fisik semata, namun harus dikembangkan menjadi sesuatu hal yang berguna. Sebagai contoh, upaya  untuk melawan aksi pencurian ikan di perariran kita adalah tindakan bela negara, upaya mewujudkan kedaulatan pangan adalah bela negara, upaya untuk bias tegak berdiri di kaki sendiri secara ekonomi juga adalah bela negara,” kata gubernur.
 
Kemudian, kata gubenrur, para guru, bidan, dan tenaga kesehatan  yang tengah berjuang melakukan tugasnya di pelosok Tanah Air, di perbatasan, di pulau-pulau terpecil sungguh sedang melakukan bela negara. “Ada begitu banyak upaya yang dapat kita lakukan untuk bela negara,” ujar Irwan Prayitno lagi.
 
Selanjutnya, Gubernur Sumatera Barat memberikan apresiasi dan pengucapan terima ksaih kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat, yang telah mencanangkan tanggal 19 Desember ini sebagai Hari Bela Negara, 

“Perjuangan kedua yang kita lakukan adalah bagaimana hari bela Negara ini bisa dilaksanakan oleh nasional, dan Alhamdulillah sekarang telah ditetapkan bahwa 19 Desember sebagai Hari Bela Negara Nasioanal. Dan Tentunya bagi generasi muda Sumatera Barat jadikan ini sebagai motivasi untuk memperjuangkan kemerdekaan yang ada dengan rajin belajar, dan membangun minang  agar, kita bisa tetap menjadi bangsa yang terhormat,” tambahnya. (HUMAS SUMAR)

google+

linkedin