BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyebutkan, sudah merupakan kewajiban bagi pemerintah untuk memberikan pertolonagn dan bantuan kepada  masyarakat yang kena musibah bencana alam.

“Siapa yang tahu kapan bencana itu akan datang? Manusia hanya bisa siap siaga sebelum terjadi bencana,” kata Gubernur Sumbar,  Irwan Prayitno kepada bupati dan walikota  se-Sumbar ketika menghadiri acara Evaluasi Siaga Darurat Bencana dan Penyerahan Bantuan Kendaraan serta Peralatan BNPB, Rabu sore (24/12) di Auditorium Gubernuran.

Menurut Irwan Prayitno, pemerintah selalu tanggap dan bergerak cepat untuk menolong dan memberikan batuan kepada masyarakat. “Selain memberikan bantuan, pemerintah juga berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kemungkinan bencana yang terjadi disekitar masyarakat,” katanya..

Kemudian, kata gubernur, setiap terjadi musibah,  selain mungkin  karena kelalaian masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan bencana,  juga sudah takdir, jika  ada korban meninggal akibat bencana alam tersebut. “Bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, untuk selalu waspada,” kata Irwan Prayitno.

Pemerintah Sumatera Barat, kata gubernur, sudah menghimbau dan mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Soalnya, berdasarkan laporan BMKG,   mulai 1 November sampai dengan 31 Desember 2014, diperkiarakan bakal terjadi curah hujan yang tinggi. “Makanya, saya mengimbau masyarakat agar  dalam keadaan siap siaga bencana,” tambah Gubernur.


Gubernur juga menyerahkan  bantuan peralatan bencana yang diserahkan kepada  BNPB kabupaten dan kota se-Sumbar. Bantuan itu diserahkan 1 unit mobil rescue kepada Kota Payakumbuh, 1 unit mobil tangki air untuk Kabupaten  Pessel, 1 unit mobil tangki air, 2 unit perahu PE (Polyethlene) dan mesin Perahu 9,8 PK untuk kabupaten  Sijunjung, 1 unit mobil dapur umum untuk Kabupaten  Solok, 1 unit mobil truk serbaguna untuk Kabupaten  Tanah Datar, 1 unit Speedboat PE untuk Kota Pariaman, 2 unit perahu PE dan mesin perahu 9,8 PK untuk  Kabupaten  Agam, Kota Padang dan Kota Solok..(HUMAS SUMBAR)

google+

linkedin