Dasril
BIJAK ONLINE (Padang)-Bernafas sudah merupakan aktivitas sehari-hari bagi setiap manusia, tetapi proses pernafasan yang dilakukan tersebut  masih tergolog pasif,  dengan frekuensi 12-18 kali setiap menitnya.
“Jika kita berolahraga pernapasan Maju Sehat Bersama atau Mahatma, maka  proses yang pasif itu diubah menjadi aktif dengan mengkombinasikan dengan gerakan jurus,” kata Dasril Asisten Guru Besar Dr H Ahmad Riva’i di Mahatma Wilayah Sumatera, ketika dihubungi Tabloid Bijak, Sabtu, 13 Desember 2014.

Menurut dosen UNP ini, Mahatma merupakan olahraga perpaduan antara nafas dan jurus, serta zhikir kepada Allah. “Latihan olahraga Mahatma ini sangat baik untuk orang tua dan anak muda, sasaran utama latihan adaalah kesehatan jiwa dan raga,” katanya.
Di Sumbar kini, kata Dasril, Mahatma sudah berkembang sangat pesat dan sudah beranggota lebih kurang sekitar 35 ribu orang yang bertebar di berbagai daerah. “Kegiatan saya, selain mengajar di UNP,  sesudah itu beraktifitas di Mahatma,” kata alumni Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang ini sembari menambahkan, kini ada sepuluh jaringan dibawah koordinasinya untuk wilayah Sumatera, Jambi, Palembang, Bengkulu, Medan dan Pekanbaru.
Kesibukan tersebut, kata Dasril, untuk melakukan ujian kenaikan tingkat bagi anggota dan juga  melakukan seleksi tes bagi anggota baru yang ingin bergabung di Mahatma. “Kalau usia sudah seperti saya ini, lebih nikmat rasanya berolahraga pernafasan yang dipadukan dengan jurus dan diiringi dengan zhikir,” kata mantan aktifis kampus ini. (yal Aziz)

Tips Bijak Tentang Keuntungan Berolahraga  pernapasan:
• Volume tidal (kemampuan menghirup udara dalam sekali bernapas) meningkat. Saat bernapas pasif, volume tidal sekitar 400-500 ml. Jika sudah terbiasa dengan latihan pernapasan, kemampuan otot pernapasan untuk menghirup udara bisa meningkat 2-3 kali.
• Secara fisiologis, fungsi saluran cerna menjadi lebih baik. Sebenarnya dengan olahraga apa saja, peristaltik (gerak usus) akan lebih baik. Namun akan lebih baik lagi dengan olahraga pernapasan karena bagian dalam perut seperti ’dipijat’.
• Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan semangat. Gerakan dalam olahraga pernapasan memberikan efek menenangkan. Hal ini membuat tubuh mendapat kesempatan untuk mengganti sel-sel yang rusak dan mempercepat proses pemulihan gangguan tubuh dan penyakit.
•  Meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.
• Membangkitkan gairah bercinta. Kelenturan dan konsentrasi membuat tubuh mengalami relaksasi. Ini dapat meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf perasa di seluruh tubuh.

Tips Bijak Tentang Manfaat Berolahraga
JANTUNG LEBIH SEHAT.
Olahraga mamacu jantung untuk memompa sehingga membuatnya lebih kuat dan sehat. Latihan secara rutin bisa menghindari Anda dari penyakit jantung dan serangan jantung mendadak.
PERFORMA OTAK LEBIH BAIK.
Kegiatan olarahraga mampu meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh, memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh,  terutama aliran darah ke otak. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan kinerja otak lebih baik sehingga melancarkan kegiatan belajar atau bekerja.

TULANG MENJADI KUAT.
Latihan angkat beban wajib dilakukan jika Anda ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat. Olahraga jenis ini bisa membantu melawan osteoporosis dan menambah massa otot, tentu diimbangi dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin dan kalsium.

WAJAH LEBIH BENING.
Olahraga  meningkatkan peredaran darah ke wajah dan menyingkirkan kotoran melalui keringat sehingga membantu mengurangi  jerawat serta  membuat kulit lebih jernih. Namun jangan lupa, selalu membersihkan wajah dengan cleansing foam setiap selesai olarahraga agar keringat dan kotoran tak mengendap terlalu lama di kulit. 

TUBUH LEBIH BERENERGI.
Anda yang rutin berolarahraga akan jarang mengalami kelelahan dalam aktivitas hariannya karena olarahraga merupakan pembangkit energi yang alami.

TIDUR LEBIH BERKUALITAS.
olarahraga minimal tiga hingga lima kali seminggu telah terbukti membantu Anda tidur nyenyak. Alasan pertama, olarahraga membuat nafas teratur. Dan kedua, badan akan menjadi lelah setelah olarahraga sehingga tubuh akan tidur lebih nyenyak untuk memulihkan tenaga.

DAYA TAHAN TUBUH MENINGKAT.
Melakukan olarahraga secara teratur bisa mempengaruhi beberapa hormon yang ada di dalam tubuh. Misalnya adrenalin atau serotonin, kedua hormon  ini termasuk hormon yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

google+

linkedin