Foto pribadi Muhamad Samin
BIJAK ONLINE (Padang)-Hebat dan luar biasa. Itulah gambaran pelaksanaan pengambilan Api Porprov XIII Sumbar , di Nagari Tuo Pariangan Kabupaten  Tanah Datar, yang selanjutnya dibawa ke Kabupaten Dhamasraya tempat pesta terakbar di Ranah Mnang itu dilaksanakan, dari 16-26 Desember 2014.
 
Yang hebatnya lagi, pengambilan Api Porprov XIII Sumbar di Nagari Tuo Pariangan Sabtu, 13 Desember 2014 lalu tersebut dilakukan acara ritual adat, berupa pidato pasambahan dan makan bajamba.
 
Prosesi adat Minang itu kian punya makna karena dihadiri Bupati Kabupaten Dharmasraya Ir H Adi Gunawan MM, Wakil Bupati Dharmasraya H Syafruddin R, Sekda Kabupaten Dharmasraya Ir Benny Mukhtar MM, serta Kapolres Dharmasraya AKBP Bondan Witjaksono, Asisten dan Staf Ahli serta kepala SKPD dilingkungan Kabupaten Dharmasraya.
 
Sementara dari tuan rumah, hadir Bupati Kabupaten Tanah Datar Ir M Shadiq Pasadigoe, Wakil Bupati, Drs Irdinansyah Tarmizi, beserta jajaran muspidanya dan ditambah kepala SKPD  dan Camat serta Wali Nagari serta para pucuk adat se Luhak Tanah Data dan Luhak Agam.
 
Bupati Tanah Datar Sadiq menyebutkan, a ara pengambilan Api Porprov XIII 2014 ini merupakan kegiatan besar dan sangat istimewa, karena berlangsung  meriah dan sukses dan dihadiri masyarakat Tanah Datar khususnya Nagari Tuo Pariangan. (fratelo/komsia)

google+

linkedin