BIJAK ONLINE (Padang)-. Kepala Badan Penanggulangii Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Yazid Fadhli menyampaikan sejak November dan Desemberi telah terjadi bencana longsor  sebanyak 22 kali dengan korban 3 orang,.

“Sedangkan  bencana banjir  telah terjadi 38 kali,dan  korban meninggal 1 orang,” kata Kepala BPBD Sumbar, Yazid Fadli, seusai acara acara Evaluasi Siaga Darurat Bencana dan Penyerahan Bantuan Kendaraan serta Peralatan BNPB, Rabu sore (24/12) di Auditorium Gubernuran.

Menurut Yazid, dampak  bencana banjir tersebut membuat sekitar  550 rumah terendam dan 20 hektare  sawah juga terendam. “Kita begitu mendapt laporan dari  BMKG yang mengatakan bahwa Sumbar memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga akan berpotensi banjir dan longsor, kita telah siap siaga,” katanya..

Kemudian, tujuan melaksanakan Evaluasi Siaga Darurat Bencana, kata Yazid, untuk mendukung kesiapsiagaan BPBD Sumbar untuk secara cepat dan tepat dalam memberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat  begitu terjadi bencana..  

Provinsi Sumatera Barat juga menerima piagam penghargaan dari BNPB kategori Booth terbaik I dan juara II pada lomba pemetaan BPBD Provinsi, kabupaten dan kota, acara Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana 2014 di Bengkulu, 13-15 Oktober 2014. lalu.
(HUMAS SUMBAR)

google+

linkedin