BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ali Anshori mengungkapkan pelatihan kader partai merupakan program yang menjadi fokus PKB. Semua jabatan di jajaran kepengurusan partai, mulai dari tingkat DPP, DPW, dan DPC secara bertahap harus diisi oleh kader yang sudah mengikuti pelatihan kader sesuai dengan level kepengurusannya. 

Ali Anshori mengungkapkan hal itu pada pembukaan Pendidikan Kaderisasi Tingkat Pertama (PKTP) PKB, Senin (19/10/2015) di hotel Nan Tongga, Pariaman.

Pembukaan PKTP dihadiri Ketua DPW PKB Sumatera Barat H.Febby Datuak Bangso Nan Putih, Ketua DPC PKB Padangpariaman Zulhelmi Tuanku Sidi, Ketua DPC PKB Pasaman Aminullah, Ketua Fraksi PKB DPRD Padangpariaman Syafrinaldi, Ketua Fraksi PKB DPRD Pasaman Kumpul Ritongga. 

Peserta pelatihan sebanyak 50 orang, terdiri dari utusan kader PKB di Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Pasaman. Sedangkan instruktur PKTP dari Tenaga Ahli DPP PKB Hesbul Bahar. 
Menurut Ali Anshori, sesuai dengan arahan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar,  pelatihan kader partai bagi PKB pasca Muktamar PKB di Surabaya tahun 2015 lalu, mutlak dilakukan. 

“Perolehan kursi DPR RI dan DPRD propinsi/kabupaten/kota pada Pemilu 2014 yang meningkat dibanding pada Pemilu sebelumnya 2009, harus dipertahankan dan ditingkatkan. Peningkatan perolehan suara PKB pada Pemilu 2019 mendatang harus dijawab dengan pelatihan kader yang terencana, tersistematis dan jelas,” kata Anshori. 

Sebelumnya, Ketua DPC PKB Padangpariaman Zulhelmi Tuanku Sidi mengungkapkan, di Padangpariaman pertumbuhan PKB sangat menggembirakan. Pada Pemilu 1999 dan 2004, PKB tidak mendapatkan kursi di DPRD Padangpariaman. Pada Pemilu 2009, PKB Padangpariaman pacah talua, mendapatkan satu kursi. 

“Dengan kerja keras dan teamwork yang kompak, DPC PKB Padangpariaman pada Pemilu 2014 berhasil meraih 4 kursi. Sehingga memiliki satu fraksi di DPRD Padangpariaman. Prestasi ini merupakan kerja keras semua kader PKB. 

Mudah-mudahan dengan adanya pendidikan kaderisasi ini akan menambah semangat bagi kader PKB Padangpariaman untuk terus meningkatkan perannya di tengah masyarakat Padangpariaman,” kata Zulhelmi Tuanku Sidi, alumni Pondok Pesantren Darul Ikhlas Enam Lingkung. 

Menurut Zulhelmi, DPC PKB Padangpariaman optimis pada Pemilu 2019 mendatang perolehan kursi PKB di DPRD Padangpariaman bakal bertambah. Langkah awal yang dilakukan untuk mencapai target tersebut adalah melalui pendidikan kaderisasi ini. “Selain itu, penataan organisasi partai hingga ke tingkat ranting terus dibenahi. Saat ini kita terus merekruit kader yang ingin berjuang bersama PKB membangun masyarakat yang lebih adil, sejahtera, dan sesuai dengan kondisi masyarakat di Padangpariaman,” tambah Zulhelmi.   

Pendidikan Kaderisasi ini juga dihadiri Bupati Padangpariaman Ali Mukhni yang juga  Calon Bupati Padangpariaman periode 2015-2020 bersama pasangannya calon Wakil Bupati Suhatri Bur. “Saya berterima kasih atas dukungan PKB yang menjadi pengusung dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang. Untuk itu, mari kita bersama-sama menyukseskan Pilkada dengan meraih kemenangan dengan tujuan membangun Kabupaten Padangpariaman yang lebih baik,” kata Ali Mukhni.  (YA)

google+

linkedin