Bijak ONLINE (SOLOK)-Sekretaris Komisi III, DPRD Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, SE, MM ikut menyaksikan  penyerahan penyediaan pangan bergizi, berimbang dan beragam (3 B) yang disalurkan Kantor Ketahanan Pangan kepada kelompok Dasawisma yang tersebar di Tiga Belas Kelurahan di Kota Solok,  yang kegiatannya sudah berlangsung sejak Kamis dan Jumat tanggal 22-23 Oktober 2015.

'"Sebagai sekretaris Komisi III DPRD Kota Solok, kami di dewan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Kantor Ketahanan Pangan," kata.Ramadhani Kirana.

Menurut Ramadhani Kirana, dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat dapat memanfaatkan pekarangannya dengan cara menanam sayur. "Kami selaku wakil rakyat berharap kegiatan yang dilakukan oleh kantor ketahanan pangan dapat menjadi contoh bagi kelompok Dasa Wisma atau masyarakat lainny," katanya.

Saat ini, kata Ramadhani,  masyarakat yang mengkonsumsi sayuran hanya lima persen di Sumatera Barat berarti hanya sebagian kecil masyarakat yang mengkonsumsi sayuran, maka melalui semangat menanam sayur di perkarangan rumah akan membuat masyarakat lebih banyak lagi mengkonsumsi sayuran.."Kami selaku wakil rakyat akan selalu mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh Kantor Ketahanan Pangan," tambahnya.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Solok,Ir.H.Ikhwan Marosa dalam sambutan penyerahan bantuan mengatakan, penyediaan pangan Bergizi, Berimbang dan Beragam merupakan salah satu kegiatan Kantor Ketahanan Pangan untuk membiasakan masyarakat bertanam sayur di pekarangan rumah. 

Penyerahan Bantuan tanaman sayuran yang bersumber dari dana APBD Kota Solok tersebut diserahkan untuk anggota kelompok Dasa wisma sebanyak Tiga Belas kelompok Dasa wisma yang terdapat di Tiga Belas Kelurahan yang terdapat di Kota Solok. "Kami berharap kegiatan seperti ini dapat meringankan biaya dapur keluarga dan masyarakat dirangsang untuk menanam aneka tanaman sayuran di lahan pekarangan,"katanya.

Bagi yang tak punya pekarangan luas, Kantor Ketahanan Pangan juga memberikan bibit sayuran seperti, bibit Pario, bibit sayur bayam, bibit kangkung,bibit terung, bibit cabe rawit.

Selain itu Kantor ketahanan pangan Kota Solok juga memberikan bantuan sebagai alat media tanam yaitu, polybag,tanah humus, penyiram,pupuk kandang, pupuk buatan dan Rak Vertikultur serta bahan pembuat. "Jika seluruh keluarga sudah banyak yang menanam sayur di rumah, maka keluarga tersebut akan hemat lebih kurang Rp 150 ribu per bulan," ungkap Ikhwan Marosa. 

Kemudian jika tanaman sayurnya sudah cukup banyak, dapat dijual ke pasar dan akan memberikan tambahan pendapatan lebih kurang Rp300 ribu per bulan, katanya.(Wan/Van)

google+

linkedin