BIJAK ONLINE (SOLOK)-Anggota DPRD Kabupaten Solok, Kasmudi, Z, SH, meminta agar Dinas Pertanian Kabupaten Solok, lebih memperhatikan produksi kentang produkasi dari Alahan Panjang dan sekitarnya, agar mutu dan produksi kentang para petani dari daerah penghasil sayur utama di Sumatera Barat tersebut bisa dipertahankan.

“Selama ini bukan tidak ada perhatian dari Dinas Pertanian, namun kalau para petani terus dibina dan diberi penyuluhan, maka saya optimis nilai saing kentang asli produksi dari Alahan Panjang akan menjadi paling unggul dan paling diminati oleh konsumen dan pasar,” tutur Kasmudi, Selasa (27/10). 

Dijelaskan Kasmudi, selain bisa menjadi produksi unggulan utama para petani di Kabupaten Solok khususnya Alahan Panjang, ekonomi masyarakat sekitar juga akan naik. “Kabupaten Solok sendiri memiliki potensi lahan yang cukup luas untuk pengembangan komoditi hortikultura, salah satunya adalah kentang produksi dari Alahan Panjang, Sungai Nanam, Danau Kembar dan di seluruh kecamatan Lembah Gumanti,” tutur Kasmudi, yang juga sukses bertani kentang di daearah Sungai Nanam, nagari tetangga dari Alahan Panjang  

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Ir. Iryani, MM, menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pertanian, sudah berupaya meningkatkan hasil produksi petani kentang di daerah dingin itu. 

“Daerah Alahan Panjang dan sekitarnya merupakan daerah andalan di Kabupaten Solok untuk membudidayakan kentang. Dan tanaman holtikultura lainnya. Selama ini kita terus berupaya agar mutu dan produksi kentang dari daerah tersebut bisa terjaga,” terang Iryani. 

Dijelaskannya, setidaknya ada lima jenis kentang yang cocok di Alahan Panjang seperti varietas kentang Granola Kembang, Blis, Medians, Maglia dan Segunung. Sementara total produksi kentang pada tahun 2013 sebanyak 29.694,2 ton atau sebesar 72,5 % dari produksi kentang di Kabupaten Solok. Hal ini merupakan peningkatan besar dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu 60%. “Alahan Panjang perlu diberi perhatian khusus dalam pengembangan dan peningkatan kualitas serta kuantitas produksi kentang dan tanaman sayuran lainnya, karena tanaman kentang sangat cocok di daearah tersebut,” tambah Iryani (wandy)

google+

linkedin