Jon Firman Pandu

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Anggota DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu menyebutkan bahwa peranan pemuda dalam membangun sebuah nagari, sangatlah penting karena pemuda adalah aset utama dalam membangun sebuah nagari.

“Pemuda sebaiknya harus menjadi pelopor pembangunan di nagarinya masing-masing, seperti memunculkan ide-ide positif agar nagari tempat dia berdomisili bisa maju. Tanpa peran serta dari pemuda, maka sebuah nagari akan terus terkebelakang,” tutur Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Kabupaten Solok tersebut. Ditambahkannya, jika pemuda punya ide-ide kreatif, pemerintah nagari juga harus memotivasi agar ada keseimbangan. 

“Sebenarnya banyak yang bisa dilakukan pemuda untuk membangun nagarinya, jangan hanya mengharapkan kerja di pemerintah saja, sebab lowongan sangat terbatas. Kalau di nagari pemuda mau membuka usaha, maka mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan, seperti membentuk usaha perikanan, pertanian dan juga peternakan dan pemerintah mempunyai anggran untuk usaha ekonomi kreatif” jelas Jon Firman Pandu.

Di mata Jon Pandu, setiap tahun jumlah tamatan SMP, SMA dan Sarjana terus bertambah, sementara lowongan kerja terbatas. Apalagi di Kabupaten Solok, baru ada sebuah perusahaan besar yakni perusahaan minuman Aqua Investama, namun perusahaan milik negara Perancis itu baru mampu menampung tenaga kerja lokal sekitar 150 orang (wandy)

google+

linkedin