BARA ONLINE (PADANG)- Dirjen Asia-Pasifik-Afrika Yuri O. Thamrin yang menerima langsung tongkat estafet kepemimpinan menyebut akan memaksimalkan momentum pertemuan,  pejabat tinggi IORA, yang berlangsung selama dua hari, Kamis, 21 Oktober dan Jumat, 22 Oktober 2015.

"Saya percaya, bahwa dengan bekerja keras bersama, kita dapat meningkatkan status IORA di mata dunia internasional, terutama jika kita bisa memastikan bahwa kerjasama dilakukan secara komprehensif dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan," tukas Yuri seusai menerima tampuk kepemimpinan Ketua IORA dari Australia ke Indonesia.

Menurut Yori, untuk sampai ke Indonesia memerlukan waktu terbang dengan pesawat sekitar 10 jam . "Fakta itu sekaligus  memberikan perspektif akan betapa luasnya Samudra Hindia, satu tempat yang dengan cepat berkembang menjadi pusat kegiatan ekonomi dunia," katanya. 

Kemudian, tahun 2017 IORA akan genap berusia 20 tahun, suatu titik monumental untuk membentuk visi strategis di masa mendatang. "Pada titik ini, kita harus memaksimalkan momentum dan menggunakanya untuk menentukan masa depan IORA, karenanya di ulang tahun IORA yang ke-20, dibawah kepemimpinan Indonesia, kami mengajukan proposal untuk mengadakan KTT dan pengadopsian IORA Concord,” katanya.

Rapat dalam dua hari ini kata Yuri,  dimaksudkan untuk membahas kemajuan dari kerja sama ekonomi antar anggota IORA. Sebagai kekuatan yang menonjol di Samudra Hindia, IORA mempunyai beberapa agenda prioritas, termasuk: Keamanan Maritim, Perdagangan dan Investasi, Industri Perikanan, Penanganan Bencana Alam, Pertukaran Budaya, Blue Economy dan Pemberdayaan Wanita.

"Indonesia berkomitmen untuk terus membangun dari apa yang Australia telah capai di masa keketuaannya. Konektivitas harus ditingkatkan untuk menjembatani kesenjangan geografis dan juga untuk memfasilitasi perdagangan dan people-to-people contact," tambahnya.

Salah satu pencapaian IORA dibawah keketuaan Indonesia adalah kesempatan investasi dan perdagangan yang berfokus pada kerjasama di bidang maritim, melalui pembukaan booth IORA di Trade Expo Indonesia di Jakarta. Booth ini akan menyediakan lebih banyak peluang usaha diantara negara - negara anggota IORA.

IORA Concord Dukung Visi Poros Maritim Dunia.

Yuri menyebut, IORA juga dapat mendukung visi Poros Maritim Dunia yang tentunya terdiri atas banyak aspek, termasuk IUU Fishing, Konsep Blue Economy, pariwisata dan infrastruktur maritim; semuanya dapat didiskusikan di IORA.

Yuri menunjukkan kepercayaan diri mengenai IORA Concord. "Ide itu sudah didukung oleh negara - negara anggota. Tantangannya sekarang adalah bagaimana menyamakan visi dan mimpi tentang pengembangan kerjasama IORA. Indonesia menginginkan, dibawah kepemimpinannya, semua negara anggota bisa maju dan makmur bersama.".( tf/ch).

google+

linkedin