Elwiza Kamaruddin, S.SOs

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok, akan menggelar debat terbuka para kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Solok, guna memaparkan visi dan misi masing-masing calon ke masyarakat.

Menurut Ketua KPUD Kabupaten Solok, Elwiza Kamaruddin, S,Sos, debat kandidat rencananya akan digelar pada tiga sesi waktu. Debat pertama rencananya akan dilakukan pada tanggal 31 Oktober 2015 mendatang, bertempat di Convention Hall Alahan Panjang. Sementara debat pasangan calon tahap 2, akan dilangsungkan di Balitbu, Sumani tanggal 14 Nopember 2015 dan debat ke 3 akan dilangsungkan di Gedung Pelangi, Kantor Bupati Solok, Arosuka tanggal 28 November 2015. Rencananya satu pasang calon akan membawa 35 orang anggota pada setiap waktu melakukan debat terbuka.

“Debat ini bertujuan untuk mengetahui visi dan misi masing-masing calon, sehingga masyarakat tidak seperti membeli kucing dalam karung. Artinya, masyarakat bisa menentukan pilihan, setelah mengetahui apa sebenarnya yang akan dibangun oleh pasangan calon Bupati setelah mereka terpilih, setelah masyarakat mendengar apa visi dan misi paslon,” tutur Elwiza Kamaruddin, Minggu (25/10). 

Dijelaskan Elwiza, debat terbuka juga rencananya akan mengundang SKPD terkait dan akan disiarkan oleh radio swasta yang ada di Kabupaten Solok. Sementara debat juga akan dipandu oleh panelis independen dan materi debat tentu tidak akan keluar dari visi dan misi masing-masing calon. “Nanti kita juga akan memberi pertanyaan kepada masing-masing calon dan masing-masing calon juga bisa bertanya kepada calon yang lain,” tutur Elwiza.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrismen Sutan Putih, menyambut positif rencana KPU menggelar debat politik yang akan bertujuan untuk mengetahui program masing-masing calon Bupati. “Nantinya masyarakat akan mengetahui apa sebenarnya yang akan dibangun oleh para calon Bupati ini setelah mereka menang dan duduk menjadi Kepala Daerah,” tutur Septrismen (wandy)

google+

linkedin