Zulfadli, SPd

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Zulfadli, SPd menyampaikan bahwa majunya sebuah pendidikan di daerah, selain ditopang oleh SDM yang andal, seperti guru yang profesional dan pegawai Dinas Pendidikan yang mendukung, juga adanya kemauan yang keras dari siswa itu sendiri.

“Tidak bisa hanya guru saja yang pintar, tetapi tidak didukung oleh SDM orang Dinas yang kurang baik atau sebaliknya. Artinya semua pihak, mulai dari kerja keras guru, siswa dan juga Dinas Pendidikan yang mau menyamakan presepsi serta didukung oleh orang tua siswa,” tutur Zulfadli, Jum’at (23/10). 

Dijelaskan Zulfadli, tidak bisa salah satu dari pelaku pendidikan mengandalkan salah satu saja, tanpa didukung oleh unsur yang terlibat dalam dunia pendidikan tadi. “Selama ini kita sudah berupaya melakukan yang terbaik, termasuk dari para tenaga pendidik itu sendiri dengan menambah wawasan dan pelatihan guru, namun orang lebih sering melihat peringkat dari pada prestasi. Bahkan kalau kita perhatikan dalam dua tahun terakhir, pendidikan di Kabupaten Solok sebenarnya jauh lebih baik,” terang Zulfadli.

Anggota DPRD Kabupaten Solok, Patris Chan, SH menilai jika peringkat Kabupaten Solok ingin lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, maka memang diperlukan kesungguhan dari pelaku pendidik di daerah itu, seperti Dinas Pendidikan harus mengoptimalkan tenaga pendidik yang ada dan menerapkan pendidikan moral kepada siswa. “Saat ini selain pendidikan formal, kita juga membutuhkan pendidikan moral dan etika karena banyak siswa yang tidak lagi memahami sopan santun,” tutur Patris Chan sambil berharap agar pelajaran etika dan pendidikan Agama  juga lebih diutamakan di sekolah. “Buat apa kita meraih peringkat satu atau dua, tetapi moral dari siswa kita kurang baik,” sambung Patris Chan (wandy) 

google+

linkedin