Drs. H. Suharmen Thaib, MM

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Tim Penilaian Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Provinsi Sumatera Barat, hari Jum’at (30/10) mendatang, rencananya akan turun menilai empat sekolah di Kabupaten Solok. 

Keempat sekolah yang akan dinilai Tim UKS Sumbar adalah TK Aisyah Selayo, kecamatan Kubung, SD 02 Tarung-Tarung, kecamatan IX Koto Sungai Lasi, SMP Negeri 2 Gunung Talang dan MAN Koto Baru, kecamatan Kubung.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Solok, Drs. H. Suharmen Thaib,MM, di ruang kerjanya Selasa (27/10) menyebutkan bahwa sebelum Tim Penilai mendatangi keempat sekolah tersebut.

Tim akan diterima oleh Penjabat Bupati Solok di ruang kerjanya. Setelah itu, Tim UKS juga akan meninjau Sekretariat UKS Kabupaten Solok di Arosuka, Sekretariat UKS Kecamatan Kubung, Sekretraiat UKS Kecamatan Gunung Talang dan Sekretariat UKS Kecamatan IX Sungai Lasi. 

“Kita tentunya berharap agar nanti Kabupaten Solok bisa berbicara lebih di tingkat Provinsi dan nasional, sehingga bisa sekolah itu bisa menjadi contoh bagi anak-anak untuk membiasakan pola hidup sehat,” tutur Suhamen Thaib.

Dijelaskannya, tim penilai biasanya akan melakukan penilaian dengan sistim Trias UKS, yang mana Trias UKS tersebut  meliputi Pendidikan Kesehatan, yang merupakan bagian dari keseluruhan upaya kesehatan Promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, yang lebih menitip beratkan kepada upaya untuk meningkatkan pola hidup sehat. Kemudian yang kedua adalah masalah Pelayanan kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Kesehatan Sehat. “Kedatangan tim tentu akan melihat dan meninjau dari dekat, apakah objek yang kita kirim ke tingkat Sumbar sudah sesuai dengan fakta di lapangan,” tutur Suharmen Thaib. Penilaian ini juga bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui perubahan perilaku di lingkungan setempat.

Kepala SMP Negeri 2 Gunung Talang, Erfimarnis, kepada KORAN PADANG menyebutkan bahwa pihak sekolah sudah siap didatangi tim penilai UKS Sumbar. “Kita tentu sangat bangga sekolah kita masuk penilaian, karena penilaian ini juga memotivasi agar kita terus mengevaluasi sejauh mana kepedulian masyarakat sekolah terhadap kebersihan di lingkungan sekolah dan mengajarkan anak-anak untuk berkreativitas untuk melahirkan anak yang berkarakter,” tutur Erfimarnis.

Ketua Tim UKS Sekolah Kabupaten Solok, Ny Melina Askan Devi Kurnia, menyebutkan bahwa kegiatan UKS ini terintegrasi dengan semua lapisan, karena selain Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), UKS ini juga didukung orang tua murid dan masyarakat sekolah. “Kita sangat mendukung kegiatan lomba UKS ini, karena menyongsong sekolah yang bersih dan sehat demi mewujudkan anak-anak yang cerdas, sehat dan berkarakter. Kita juga berharap ke empat sekolah yang dinilai ini keluar sebagai juara tingkat Sumbar," kata Ny. Melina Askan Devi Kurnia (wandy)

google+

linkedin