BIJAK ONLINE (Kota  Pariaman)—Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM, letakan batu pertama pembangunan Pabrik Pupuk PT Suwarni Agro Mandiri di Desa Padang Cakur Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Kamis (15/10/2015).

Dengan dibangunnya Pabrik Pupuk Kota Pariaman, akan menjadi tonggak sejarah baru bagi kemajuan daerah kota yang mempunyai motto Sabiduak Sadayuang. Demikian disampaikan Wali Kota Mukhlis Rahman, dalam acara Peletakan batu pertama pembangunan pabrik pupuk organic dan on organic tsersebut. 

Mukhlis Rahman, mengatakan dengan kehadiran pabrik pupuk di Kota Pariaman akan menjadi berkah bagi petani khususnya Kota Pariaman dalam mendapatkan pupuk. Tak hanya itu, pembangunan pabrik PT Suwarni Agro Mandiri dapat menyerap tenaga kerja, mulai dari pembangunan sampai pabrik beroperasi nanti akan lebih banyak penyerapan tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kota Pariaman, ujarnya.

“Dengan dukungan dari semua pihak, akhirnya mulai ada investor yang akan membangun Kota Pariaman kea rah yang lebih baik, mulai dari pembanguna Safari Inn Resort dan Hotel di Pantai Kata, dan sekarang Pabrik Pupuk mungkin nantinya akan menjadi pabrik pupuk terbesar di Sumatera, samua yang kita cita-citakan yakni mewujudkan Pariaman sebagai Kota Perdagangan dan jasa di wilayah pesisir barat sumatera, menuju masyarakat madani sebagai yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) Kota Pariaman dapat terwujud,”  tukasnya.

Dirut PT Suwarni Agro Mandiri Haznim Maksum dalam sambutan mengapresiasi Pemerintahan Kota Pariaman, yang dengan tangan terbuka mempermudah dalam proses perizinan sampai pembangunan pabrik pupuknya ini. Haznim juga menjelaskan perusahaannya telah berdiri selama 5 tahun dan pembangunan pabrik di Kota Pariaman merupakan bagian yang terintegrasi dengan pabrik utama di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu strategi bisnis perusahaan untuk memperbesar kapasitas produksi yang telah ada, yang mana saat ini pabrik di Mojokerto mempunyai kapasitas produksi 20.000 MT pertahun. Sedangkan kebutuhan pasar pupuk domestik di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan export untuk Negara New Zealand, Jepang dan Korea Selatan mencapai 40.000 MT pertahun. Dengan dibukannya pabrik baru di Kota Pariaman diharapkan dapat memproduksi 10.000 MT pupuk setahun, sehingga distribusi ke pangsa pasar yang telah ada dapat terpenuhi, jelasnya.

Haznim juga mengucapkan terima kasih karena lokasi pabrik pupuk PT Suwarni Agro Mandiri ini berada tepat di Jalan H. Sd. M ilyas yang merupakan nama kakek beliau yang di pakai oleh Pemko Pariaman sebagai nama jalan. Sedangkan Suwarni adalah nama ibu dari Dirut PT Suwarni Agro Mandiri ini, sehingga mempunyai historis yang sangat kental bagi dirinya, tutupnya.

Acara  dihadiri  Direktur Utama PT Suwarni Agro Mandiri Haznim Maksum bersama para direktur perusahaannya, Komisaris Utama Tri Murti Ilyas, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua DPRD Kota Pariaman Marison Mahyudin, Wakil Ketua DPRD Syafinal Akbar, Anggota DPRD dapil Pariaman Selatan yang juga Ketua DPD KNPI Kota Pariaman Riza Syaputra, Ketua MUI Johar Muis, Kapolsek Kota Pariaman AKP Masri, Kadis KP2TPM Alfian, Camat Pariaman Selatan Basri Malik, Kepala Desa Padang Cakur Syaiful , Kepala SKPD, para pemuka masyarakat Kecamatan Pariaman Selatan dan masyarakat sekitar. (amir)

google+

linkedin