BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Pemilihan Cik Uning dan Cik Ajo Kota Pariaman, tahun 2015, mendapat sambutan yang mengembirakan dari putra dan putri Kota Pariaman, buktinya, tercatat yang ikut mendaftarkan diri sebagai peserta sebanyak 95 putra dan putrid.

Sekretaris Dinas Budaya dan Pariwisata (DISBUDPAR) Kota Pariaman, Drs. Jafreki, mengatakan, pada pembukaan Rabu, (14/10/2015) diharapkan para pemenang nantinya dapat mempromosikan dan mengajak orang lain untuk mau datang ke Kota Pariaman.

Dikatakan, siaya yang menjadi pemenang, berarti mereka merupaka duta Kota Pariaman, peserta harus mengusai bidang umum tentag kepariwisataan Kota Pariaman, disamping mempunyai tampang yang cantik dan ganteng, juga harus menguasai seluk beluk Kota Pariaman, terutama tentang budaya dan pariwisata.

Jafreki berharap pemilihan Cik Uniang dan Cik Ajo Kota Pariaman tahun 2015 ini dapat menghasilkan putra putri terbaik yang dimiliki Kota Pariaman.  Sehingga pemenang nantinya dapat mempromosikan dan mengajak orang lain untuk dapat berkunjung ke Kota Pariaman. 

Acara pemilihan cik uniang/cik ajo Kota Pariaman kali ini dapat dikatakan paling sukses dalam merekrut kontestan. Hal itu dibuktikan banyaknya animo masyarakat yang mendaftar, sehingga penyelenggara acara MMC Production Tri Yuliastuti mengatakan, jumlah ini adalah yang terbanyak di ajang yang sama di daerah lain di Sumatera Barat yang pernah ada. 

Tri Yuliastuti mengatakan pemilihan cik uniang dan cik ajo Kota Pariaman tahun 2015 diselenggarakan selama 4 hari, yang mana pada hari pertama tanggal 14 Oktober adalah proses regristasi dan pembekalan. 

Pada hari kedua tanggal 15 Oktober adalah proses seleksi dengan interview dan test tertulis yang akan menyisakan sebanyak 10 pasang kontestan yang berhak ikut pemilihan ketahap selanjutnya.

Dihari ketiga tanggal 16 Oktober akan diadakan oneday tour di kawasan Penangkaran Penyu di Desa Apar, yang merupakan ikon Ecotourism yang dimiliki oleh Pemerintahan Kota Pariaman. 

"Disini peserta akan dikenalkan dengan konsep wisata berwawasan lingkungan dan pengetahuan tentang kepariwisataan yang meliputi hutan mangrove yang ada disekitarnya. Dan barulah di tanggal 17 Oktober malam harinya akan diselenggarakan malam puncak pemilihan di lapangan merdeka pariaman," tutupnya. 

Kontestan yang ikut ajang pemilihan kontes Cik Uniang dan Cik ajo Kota Pariaman diserbu peserta. Tercatat sebanyak 95 pendaftar yang melakukan regristasi melalui panitia pemilihan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (disbudpar) Kota Pariaman. (amir)

google+

linkedin