Metrizal Khatib Bagindo

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Gunung Talang, Kabupaten Solok, dibekali pelajaran membaca Al Qur’an dan tafsirnya, oleh seorang guru atau ustad yang sengaja didatangkan pihak sekolah dari luar.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 5 Gunung Talang, Metrizal Khatib Bagindo, jika anak sudah dibekali dengan membaca Al Qur’an dan artinya, maka mereka kelak setelah dewasa akan tau manfaat dan kegunaan Al Qur’an sebagai pedoman hidup. “Membaca Al Qur’an itu akan lebih afdal kalau anak mengetahui maknanya, sehingga mereka semakin bisa menafsirkan ayat yang dibaca atas bimbingan gurunya,” tutur Metrizal, Jum’at (23/10). 

Metrizal yang juga sering dipanggil ustad itu, sebelumnya juga sudah menerapkan hal yang sama di SMP Negeri 6 Gunung Talang, semasa dirinya menjadi Kepsek di sana. Saat ini guru penterjemaah Al Qur’an yang pernah dipakainya di SMP Negeri 6 Gunung Talang, juga diboyong ke SMP 5, sekolah yaang terletak di kawasan Ibukota Kabupaten Solok itu, yakni Arosuka. Adalah bapak Yuridis Lompik, seorang ulama asal nagari Jawi-Jawi Guguk, saat ini setia mengajarkan ilmu baca Al Qur’an beserta artinya di SMP 5 Gunung Talang. “Seluruh orang tua sangat meresfon kehadiran Bapak Yuridis, sebab beliau dikenal sangat ahli dalam mengajarkan anak-anak belajar Al Qur’an dan artinya,” tutur Metrizal.

Diharapkan dengan siswa memahami makna  Al Qur’an yang dibaca, maka siswa semakin faham apa yang terkandung di dalam kitab suci umat Islam yang diwahyukan kepada nabi akhir zaman tersebut, Muhammad, SAW (wandy)

google+

linkedin