BIJAK ONLINE-Bara Online Media (BOM) yang merupakan gabungan tiga portal, Tabloidbijak.com, Sumbarzone.com dan Bentengsumbar.com, menyarankan Humas Pemkab Solok menyiapkan komunitas masyarakat secara online.
 
“Soalnya, faktor komunitas secara online atau content merupakan salah satu penentu keberhasilan Kabupaten Solok Cyber City,” kata Zamri Yahya Pemimpin Redaksi BentengSumbar.com,  di Kadai Rang Padang, Senin, 13 Oktober 2014.
 
Menurut Zamri Yahya, soalnya data non fisik atau content inilah yang akan dilihat, dibaca, didengar, ditonton, diserap, dipikirkan, dipelajari dan bakal membuat perubahan bagi masyarakat itu sendiri.”Maksudnya, kemajuan dan perkembangan cybercity sangat dipengaruhi oleh antusiasme masyarakat bukan hanya ketika mengakses data, tetapi juga saat menyediakan dan membuat content yang berkualitas dan tepat sasaran,” kata anak rang Pauh ini.
 
Komunitas masyarakat secara online tersebut makanya diperlukan, rZamri Yahya, karena merekalah yang akan bercerita dan membicarakan seputar  Kabupaten Solok dengan memanfaatkan free hostpot. "Persoalan komunitas ini memang diperlukan SDM yang mampu membuat content bermutu dan mengena secara online," katanya.
 
Kemudian, keberadaan komunitas cyber juga dapat menjadi jembatan antara pemerintah dengan masyarakat untuk berdialog. “Alangkah indahnya jika pejabat, tokoh dan para pemimpin di Kabupaten Solok ikut ambil bagian dalam memberikan wacana dan bahkan terlibat dalam diskusi-diskusi aktif yang membahas seputar pembangunan dan masalah sosial di Kota Solok Nan Indah,” kata alumnus IAIN Imam Bonjol Padang ini.
 
Yang tak kalah pentingnya, kata Zamri Yahya, cybercity bukan hanya sebuah nama atau istilah yang hanya nge-trend sesaat saja,  tetapi hendaknya menjadi komitmen bagi pemerintah Kabupaten Solok untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan masyarakat memanfaatkan kecanggihan tehnologi informasi. (Y a)

google+

linkedin