BIJAK ONLINE-Sebagai Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan & Pertambangan Energi Kota Padang, Dian Wijaya mengajak pedagang dalam binaannya untuk memanfaatkan kecanggihan tehnologi informasi  untuk mempromosikan barang dagangan. Tujuannya, agar pedagang dan konsumen bisa berkomunikasi melalui internet dan media sosial fabe book dan twitter, serta portal berita di dunia maya.

“Saya sedang  membuat portal berita berupa webset,yang saya berinama  Padang Enak yang menyajikan informasi seputar kuliner khas Minang, salah satunya rendang,” kata Dian Wijaya ketika berbincang-bincang dengan Tabloid Bijak, Grup  Bara Online Media, Jumat, 11 Oktober 2014.

Menurut Dian, sekarang sudah saatnya memanfaatkan tehnologi informasi , karena dunia informasi sudah merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat yang  maju dan sukses. “Kalau kini kito ndak memanfaatkan informasi, kato urang awak tu telmi alias telat mikir,” kata mantan Kadis Pendidikan Kota Padang ini.

Kemudian, kata Dian Wijaya, portal berita Padang Enak tu, menyajikan informasi seputar rendang dan kuliner khas Minang lainnya, termasuk karipik balado. “Ambo ingin pedagang yang mambuek randang bisa memberikan informasi kepada calon pembeli dan kemudian calon pembeli tahu kalau rendang ini dimasak oleh pedagang dalam binaan,” katanya.  

Pada portal Padang Enak, calon pembeli bisa mengetahui alamat pedagang atau pengusaha kecil yang membuat rendang dan mereka bisa berhubungan bisnis melalui dunia internet. Bahkan pada portal Padang Enank, semua yang berkenaan dengan informasi seputar rendang ada dan dimana-mana saja bisa memesan dan mendapatkan rendang. “Untuk diketahui, kini rendang sudah merupakan ole-ole dari Ranah Minang, selain karipik balado,” tambah Dian Wijaya. (yal aziz)

google+

linkedin