BIJAK ONLINE-Dunia pendidikan Sumatera Barat tercoreng dan jadi heboh di media sosial karena beredarnya rekaman video yang mempertontonkan tindakan bar bar alias kekerasan terhadap seorang murid SD perempuan. Menghebohkan setelah video kekerasan itu diunggah ke Youtube dari akun Bukittinggi Info, Sabtu (11/10/2014).

Kemudian, video rekaman yang berdurasi 1 menit 52 detik itu, mempertontonkan adengan keras, setidaknya terlihat empat murid laki-laki dan satu orang murid perempuan memukuli dan menendang seorang murid perempuan yang tersandar disebuah sudut ruangan belajar berkali-kali.

Yang ironisnya, sang murid perempuan yang dihajar dengan pukulan tersebut tak memberikan perlawanan dan hanya hanya menangis.. Sementara keempat pelajar laki-laki tersebut memukul secara bergantian dan ada seorang yang sengaja memperlihat wajahnya ke kamera, 

Dari rekaman suara, terdengar kata-kata;“Taruih.. taruih… taruih.. taruih,” katanya dalam Bahasa Minang yang berarti “Terus.. terus.. terus.. terus..”

Sementara Yal Aziz Pimred Tabloid Bijak, ikut memberikan komentarnya dan meminta kepada pemilik akun untuk memberikan informasi seputar adengan bar bar tersebut. Bahkan, Yal Aziz meminta pejabat terkait untuk mengusut kasus kekerasan di sekolah dasar tersebut.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui murid dari sekolah mana yang melakukan kekerasan dan bersikap bar bar tersebut. 

Sementara akun yang mengunggah video hanya menuliskan dalam informasi;“Kekerasan yang dilakukan oleh murid-murid sekolah dasar swasta Perwari kota Bukitinggi, yang terjadi beberapa hari yang lalu dalam jam sekolah, dimana seorang murid perempuan dihajar secara bergantian oleh teman-teman selokalnya. Kejadian itu tidak diketahui oleh guru maupun wali kelasnya. Dari informasi yang didapatkan dilapangan, awal kejadian hanya gara-gara uang yang dminta sama teman laki-lakinya tidak diberikan karena uangnya habis dan dijanjikan besok-besoknya sama si murid perempuan yang dihajar beramai-ramai tersebut.”

Sementara Portal berita Ranahberita.com, menuliskan telah menoba mengontak Dinas Pendidikan di Kota Bukittingi. Namun belum ada konfirmasinya. Sedangkan hingga Sabtu malam, video ini sudah ditonton ratusan orang dan menuai kehebohan di jejaring sosial Facebook. (Ndu)
Berikut link video itu:
https://www.youtube.com/watch?v=jXg1-m3batw

google+

linkedin