BIJAK ONLINE-Sebagai Bupati Solok, Syamsu Rahim yang masuk nominasi Goverment Award Majalah Sindo 2014 sengaja menggelar acara Berburu Wisata untuk membasti hama tupai untuk membantu petani di daerah tugasnya, Minggu, 12 Oktober 2014.
"Acara berrburu wisata hendaknya dapat dijadikan sebagi wahana hiburan, sekaligus sebagia bentuk lain membantu petani yang terusik dengan hama Tupai dan mungkin kita akan bertemu hewan selain target buruan di arena hari ini, namun alangkah bijaknya apabila kita tetap menjaga aturan pemerintah tentang hewan-hewan yang dilindungi,” kata Bupati Solok Syamsu Rahim ketika membuka acara Berburu Wisata, di Lapangan Dishub Kabupaten Solok.

Menurut bupati, menembak merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari sebagian kalangan dari strata masyarakat, baik itu kalangan bawah dan menegah. “Kebiasaan dan hobi menembak dikalangan masyarakat, lebih di dorong oleh tujuan mereka untuk memerangi hama binatang yang mengganggu tanaman petani, salah satunya tupai,” tambah salah satu kandidat di Pilgub Sumbar 2015 mendatang.
Kemudian Bupati Solok, Syamsu Rahim berhaarap, acara Berburu Wisata yang pertama kali di laksanakan di Kabupaten Solok ini, agar menjadi kegiatan rutin tahuan dan kegiatan yang kedua diaharapkan lebih baik lagi.
Sementara Ketua Panitia Berburu Wisata, Antoni Ibnu mengatakan,  tujuan kegiatan Berburu Wisata tak hanya untuk membantu masyarakat tani Kabupaten Solok pada wilayah sasaran dalam membasmi hama tupai, tetapi juga sebagai sarana bagi para penembak se-Sumatera Barat dalam rangka menjalin dan mempererat tali silaturrahim dan berbagi pengalaman.
Menurut Antoni Ibnu yang juga Kepala KP3M, bagi masyarakat yang menyalurkan hoby dalam bidang olahraga menembak dan berburu,  sasarannya sudah jelas  lebih terarah dan terorganisir atau tidak main tembak begitu saja.
Kemudian, kata Antoni Ibnu, setiap tim terdiri dari 5 orang anggota. Lokasi perburuan di Kecamatan  Kubung dan Kecamatan Gunung Talang. Sedangkan total hadiah Rp 10.000.000 di tambah piagam dan doorprice. Adapun waktu mulai berburu wisata pukul 10.00 WIB pagi sampai dengan pukul 15.30 WIB
Kemudian, acara dihadiri Kapolres Solok : Tommy Bambang Irawan (Ketua Umum PERBAKIN), Ketua Pelaksana : Anthony Ibnu (Kepala KP3M),  Kabag Humas : Syahrial (Ketua Harian PERBAKIN), Kasdim 0309,  Kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Solok
Sedangkan Ketua Umum PERBAKIN Kabupaten Solok, Tommy Bambang Irawan, menyebutkan kalau Perbakin Kabupaten Solok ingin mencari bakat-bakat yang selama ini tidak begitu ter exposes untuk dijadikan kader dalam Pekan olahraga Propinsi Sumbar, yang akan dilaksanakan Desember 2014 di Dhamasraya. “ Kabupaten Solok memiliki potensi yang besar dalam merekrut atlet menembak,” katanya, sembari mengingatkan peserta berburu wisata untuk mengunakan senjata dengan baik dan tertip Sesuai dengan peraturan menembak
Urutan pemenang Berburu Wisata. 1.Tim Baresta 1, 2. Tim Anak Ayah, 3.Tim Alang Babega dan juara harapan 1 diraih Tim Macho. (yal aziz/hms)

google+

linkedin