BIJAK ONLINE (SOLOK)-Arus lalulintas di Kota Solok, sejak beberapa hari terakhir terlihat semakin padat dibandingkan hari biasanya. Hampir disetiap ruas jalan di Kota Bareh itu memperlihatkan kecendrungan semakin ramai dilewati kendaraan bermotor. Dan roda empat.

Kota Solok merupakan kota lintas yang berada di simpul Trans Sumatra bagian tengah. Biasanya Seiminggu menjelang dan sesudah lebaran, arus kendaraan yang melintasi Kota Solok akan terlihat padat. Pengguna jalan umum maupun pengemudi kendaraan bermotor diminta lebih waspada dan ekstra hati-hati.

Walikota Solok, Irzal Ilyas, menyampaikan agar pengendara yang melintas di kota Solok, meningkatkan kewaspadaan agar selamat sampai ketempat tujuan. Untuk Pemko Solok dan Dinas Perhubungan serta Satpol PP, ikut membantu Polisi dan TNI untuk mengamankan arus mudik dengan membentuk posko di titik-titik tertentu, seperti di depan Taman Kota, yang selalu ramai dilintasi kendaraan dan pengunjung. 

“Dengan menempatkan sejumlah petugas baik itu dari Dinas Perhubungan, Polri maupun TNI dititik-titik tertentu diharapkan masyarakat dan pengguna jalan lebih aman,' Ujar Wali Kota Solok Irzal Ilyas terkait kesiapan Pemko Solok mengamankan arus mudik, Jumat (10/7). Pengamanan lebaran yang merupakan gabungan dari beberapa instansi dengan menempatkan sejumlah petugas pada titik-titik kawasan yang dinilai rawan

Dengan meningkatnya volume arus kendaraan bermotor menjelang lebaran, dikhawatirkan juga akan mempertinggi terjadinya kasus kecelakaan. Dan untuk mengantisipasi berbagai persoalan yang muncul saat arus mudik dan menyambut lebaran, Irzal Ilyas mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah instansi pemerintah. Salah satu titik yang dianggap rawan kemacetan di Kota Solok yakni kawasan Pasar Raya Solok. Meningkatnya jumlah pengunjung serta kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan ketersediaan lahan parkir menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan dikawasan tersebut.

Dan sejumlah petugas serta pos pengamanan lebaran akan ditempatkan dikawasan Pasar Raya Solok dengan harapan kemungkinan kemacetan maupun tingkat kriminalitas dikawasan tersebut dapat ditekan.  Irzal Ilyas juga menekankan agar Dinas Perhubungan lebih memperhatikan rambu-rambu lalilintas yang terpasang agar dapat memandu pengguna kendaraan saat mudik menuju kampung halamannya. Dan atribut maupun benda lain yang dapat menghalangi pengendara motor melihat rambu-rambu lalu lintas hendaknya segera ditertibkan (wan/van)

google+

linkedin